Pengaruh SNAP dan QRIS Internasional Terhadap UMKM

by Larassatti Dharma
3323 views
Keuntungan SNAP dan QRIS Internasional Untuk UMKM

Pada 17 Agustus 2021 lalu, Bank Indonesia meluncurkan QRIS antarnegara dan SNAP (Standar Nasional Open API Pembayaran). Kemunculan regulasi baru tersebut pun disebut memiliki dampak positif bagi pertumbuhan bisnis di Indonesia. Artikel ini membahas alasan mengapa kedua regulasi tersebut dapat membawa nilai positif bagi perkembangan bisnis di Indonesia, terutama bagi UMKM.   

Bagaimana QRIS antarnegara dapat berdampak positif bagi ekosistem pembayaran?  

Bank Indonesia menyampaikan bahwa QRIS Antarnegara juga telah diluncurkan bersamaan. Inovasi ini dapat terwujud melalui upaya pengembangan interoperabilitas dan interkoneksi Standar Nasional QR Code Indonesia (QRIS)  dan Thailand (Thai QR Payment). Kebijakan tersebut terwujud atas sinergi BI, BoT, ASPI, Switching, Bank ACCD (Appointed Cross Currency Dealer) & PJP (issuing & acquiring) dengan model switching to switching.  

Sesuai dengan namanya, dapat terlihat bahwa QRIS antarnegara dapat memfasilitasi pembayaran elektronik lintas negara tanpa perlu melakukan penukaran mata uang. Dengan munculnya sistem pembayaran QRIS antarnegara ini, wisatawan Thailand yang datang ke Indonesia dapat dengan leluasa melakukan pembayaran di Indonesia tanpa memerlukan kesulitan yang berarti. Ketika pandemi telah jauh membaik di kemudian hari dan pariwisata menjadi kembali normal, kebijakan ini akan sangat berguna bagi para pelaku bisnis yang menjalankannya.  

Apa itu API dan mengapa hal itu dapat berdampak pada sistem pembayaran?  

API (Application Programming Interfaces) merupakan perantara perangkat lunak yang memungkinkan dua aplikasi untuk saling terkoneksi satu sama lain. Contoh paling dekat dari penggunaan API di keseharian adalah ketika Anda mengetik ‘suhu hari ini di Jakarta’ di Google, maka akan langsung terlihat informasi cuaca yang diperoleh dari aplikasi yang memiliki data terkait cuaca, dan data tersebut dapat diperbarui secara real-time. Salah satu contoh lainnya dari penggunaan API adalah fitur analytics dari Instagram yang memungkinkan Anda untuk melihat data kunjungan Instagram Anda melalui aplikasi pemprosesan data.  

Jika Anda sudah mendapatkan cukup gambaran mengenai bagaimana API bekerja, sekarang dapat terbayangkan bagaimana proses transaksi menjadi lebih terbantu dengan sistem ini. Contoh jenis pembayaran yang menggunakan API adalah ketika Anda ingin berbelanja online, satu aplikasi e-commerce dapat mengantarkan Anda pada aplikasi pembayaran. Transaksi menjadi lebih mudah dan cepat diproses.  

Apa itu SNAP? 

SNAP merupakan sebuah standar nasional yang ditetapkan oleh Bank Indonesia atas seperangkat protokol dan instruksi yang memungkinkan adanya interkoneksi antaraplikasi pembayaran. Koneksi tersebut bersifat terbuka (open API) dalam memproses transaksi pembayaran. Awalnya bank juga sudah menggunakan API dalam proses pembayaran, tetapi terdapat perbedaan standar di antara satu bank dengan yang lainnya yang berpotensi memberikan hambatan, jadi SNAP muncul untuk menyamaratakan standar API yang digunakan dalam proses pembayaran.  

Dalam melancarkan upaya ini, Bank Indonesia mengharapkan partisipasi dan dukungan dari berbagai pihak, salah satunya penyedia teknologi pembayaran. Peluncuran SNAP ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah transaksi dan pembiayaan  terhadap UMKM. Selain itu, dengan diterapkannya sebuah standar nasional yang jelas tentang interkoneksi pembayaran ini, tingkat keamanan transaksi pun dapat terjaga. Sistem pembayaran yang dilakukan pun akan semakin cepat dan stabil. Dokumen lengkap mengenai peluncuran SNAP ini dapat diakses di sini. Momen sejak peluncuran regulasi ini dapat menjadi saat yang tepat bagi Anda untuk mulai menggunakan payment gateway bagi bisnis. 

NICEpay sebagai perusahaan payment gateway Indonesia, mendukung penuh upaya dari Bank Indonesia dalam menciptakan ekosistem pembayaran yang semakin cepat, mudah dan aman. Saat ini, NICEpay memiliki sistem yang stabil, serta dilengkapi dengan lisensi PCIDSS untuk menjamin keamanan transaksi Anda. NICEpay sebagai solusi payment Indonesia juga memiliki kanal-kanal pembayaran yang beragam untuk bisnis Anda: virtual account melalui 9 bank besar di Indonesia, debit online, kartu kredit, pembayaran lewat convenience store, dompet digital (e-wallet), installment non-bank, disbursement, payment link, hingga SMS broadcast. NICEpay merupakan pilihan payment gateway Indonesia yang sangat cocok bagi bisnis yang sedang ingin go digital.    

Jika Anda tertarik untuk bergabung bersama merchant-merchant NICEpay lainnya, caranya sangat mudah, cukup dengan menekan tombol yang tertera di bawah post ini. Untuk melihat penjelasan lebih lengkap terkait produk dan penawaran lainnya, Anda dapat mengunjungi situs resmi kami di www.nicepay.co.id. 

Sumber: bi.go.id, bisnisbali.com, suara.com, mulesoft.com