Beberapa Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Payment Gateway

by Blog Nicepay
2798 views
payment gateway indonesia

Selama beberapa tahun terakhir, situs e-commerce dan aplikasi mobile sukses besar di pasaran, begitu pula payment gateway. Melakukan pembayaran online untuk berbagai produk dan layanan di situs tidak lagi menjadi tugas yang menakutkan bagi konsumen. Menurut penelitian, 86% konsumen melakukan pembelian online melalui kartu kredit atau debit dan lebih dari 60% menganggapnya sebagai metode pembayaran favorit saat melakukan pembelian.

Payment gateway mengacu pada kode yang menghubungkan keranjang belanja Anda dengan bank atau mitra pembayaran lainnya. Mereka membantu dalam pemrosesan pembayaran dan memastikan pembayaran dapat dilakukan. Hal ini bertindak seperti pintu penghubung antara konsumen dan penjual.

Dengan bantuan payment gateway penjual dapat dengan mudah menerima berbagai jenis pembayaran online. Mereka menawarkan solusi pembayaran yang lengkap sehingga Anda tidak harus mengatur dan menjalankan berbagai perangkat lunak, perangkat keras, koneksi, dan keamanan. Bagi banyak pedagang skala kecil, kemudahan payment gateway merupakan kunci untuk pembayaran mereka. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri sebelum memilih payment gateway:

–       Berapa biaya yang harus dikeluarkan?

–       Fitur apa saja yang mereka sediakan?

–       Apakah mereka mendukung negara toko Anda?

Menemukan payment gateway yang tepat untuk bisnis Anda adalah proses yang memakan waktu. Payment gateway telah dirancang untuk mengkonfirmasi semua operasi dan persetujuan yang diuraikan di atas dan menjamin bahwa kedua belah pihak, baik penjual maupun konsumen, dilindungi pada saat proses transaksi. Berikut adalah faktor-faktor penting yang harus dipertimbangkan ketika memilih payment gateway:

1.    Memilih produk yang benar

Payment gateway memungkinkan konsumen untuk membeli produk atau layanan melalui bentuk pembayaran yang umum, seperti kartu kredit, kartu debit, atau saluran lainnya. Saat memilih saluran yang tepat, Anda harus mempertimbangkan seberapa mudahnya pembayaran melalui saluran tersebut sambal kembali mengecek tingkat keamanannya.

2.    Membuat pelanggan Anda merasa aman dan aman

Karena semakin banyak orang beralih ke belanja online, penting bagi Anda untuk menawarkan pengalaman yang setidaknya seimbang dengan apa yang mereka rasakan di situs-situs besar. Beberapa payment gateway memungkinkan Anda untuk menyesuaikan seluruh pengalaman pembayaran dengan menyamakan jenis huruf, logo, dan palet warna toko Anda. beberapa konsumen tidak akan menyadari bahwa mereka sedang dialihkan ke layanan pihak ketiga sementara untuk memproses transaksi mereka dengan aman. Saat memilih payment gateway, pastikan mereka menyediakan fitur keamanan yang kuat dan telah mendapatkan sertifikasi seperti PCI DSS dan lain-lain.

3.    Pertimbangkan biaya dan perjanjian layanan

Karena penetapan harga layanan biasanya didasarkan pada jenis transaksi, penjualan, konsistensi transaksi, frekuensi transaksi, dan industri bisnis, sangat penting untuk membandingkan bagaimana bisnis Anda bertepatan dengan payment gateway. Beberapa perusahaan mungkin membebankan biaya pengaturan dan kontrak, atau mereka dapat membebankan biaya transaksi hanya jika terjadi sebuah pemesanan.

4.    Pastikan transaksi efektif

Menurut survei yang dilakukan, lebih dari 25% konsumen akan meninggalkan pembelian jika mereka dipaksa untuk mendaftar di sebuah situs. Jika prosedur checkout Anda menggunakan keranjang belanja pihak ketiga dengan prosedur pendaftaran tersendiri, pastikan Anda dapat menjadikannya opsional yang memungkinkan mereka untuk checkout sebagai ‘tamu’. Demikian juga, payment gateway harus dapat memungkinkan Anda untuk menghapus bidang yang tidak diinginkan untuk mempermudah proses.

5.    Jadikan checkout mudah di semua perangkat

Dalam 2-3 tahun terakhir, sekitar 15% dari penjualan e-commerce dilakukan pada perangkat seluler. Saat Anda mengevaluasi opsi payment gateway Anda, pastikan bahwa Anda dapat memberikan pengalaman checkout yang dapat digunakan di berbagai perangkat yang berbeda dengan penyesuaian ukuran dan resolusi ke setiap perangkat.

6.    Beberapa fitur untuk dipilih

Penyedia layanan payment gateway biasanya menawarkan beberapa fitur, tergantung pada kebutuhan bisnis Anda. misalnya, jika Anda perlu menawarkan produk dan layanan Anda ke seluruh dunia, payment gateway Anda harus dapat menerima beberapa macam jenis pembayaran berdasarkan negara yang berbeda pula.

7.    24/7 layanan dukungan konsumen

Ada beberapa payment gateway yang tidak menyediakan layanan dukungan konsumen. Dalam situasi ini, konsumen harus mengikuti instruksi manual untuk menyelesaikan sebuah masalah. Untuk menghindari situasi itu, periksa apakah penyedia menawarkan dukungan teknis langsung, atau setidaknya dalam jam kerja stAndar, sehingga Anda dapat dengan cepat menyelesaikan masalah teknis.

Kesimpulan

Memilih payment gateway pembayaran yang tepat tidaklah sulit jika Anda memahami kebutuhan bisnis Anda. dengan melakukannya dengan benar, Anda dapat memiliki dampak langsung dan positif pada pengalaman konsumen Anda. Yang Anda butuhkan adalah melakukan penelitian yang tepat dan mempertimbangkan faktor-faktor yang dibahas sebelumnya. Good luck!