Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Memilih Payment Gateway

by Blog Nicepay
2121 views
Payment Gateway Indonesia

Di era digital ini, banyak perusahaan-perusahaan teknologi jasa keuangan bermunculan, termasuk perusahaan payment gateway. Dengan munculnya banyak perusahaan tersebut, sudah pasti Anda harus memilih yang terbaik dari yang terbaik, serta yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih sebuah perusahaan payment gateway untuk bisnis Anda.

1.    Seberapa cepat saya dapat mulai menerima pembayaran?

NICEPAY dapat dengan mudah terintegrasi dengan beberapa penyedia shopping cart module seperti prestashop, WooCommerce, Opencart, Magento, dan lain-lain. Dengan begini, integrase yang akan dilakukan tidak lama. Begitu juga dengan penghubungan dengan bank dan saluran pembayaran lainnya, NICEPAY mempunyai model bisnis Merchant Aggregator untuk mempercepat penerimaan pembayaran dengan proses administrasi yang lebih singkat. Selain itu, NICEPAY juga menetapkan single API sehingga integrasi yang dilakukan tidak banyak dan berbelit-belit.

2.    Apakah ada layanan dukungan 24/7 dan apakah ada biaya tambahan?

NICEPAY memberikan layanan dukungan yang aktif 24 jam perhari dan 7 hari perminggu. Anda tidak perlu membayar untuk mendapatkan layanan ini, ketika Anda sudah mendaftar ke NICEPAY, Anda berhak untuk mendapatkan layanan ini. Layanan dukungan ini kami sediakan dalam bentuk telepon, WhatsApp, dan e-mail yang akan dibalas oleh tim kami secepat mungkin.

3.    Seberapa cepat saya akan menerima dana dari penjualan saya?

Beberapa perusahaan payment gateway bisa menahan dana Anda hingga 30 hari, tetapi NICEPAY akan menyelesaikan (settlement) dana Anda dalam waktu rata-rata 3 hari sejak transaksi tersebut dilakukan. Untuk beberapa layanan bahkan Anda dapat mendapatkan uang Anda secara real-time.

4.    Fitur pembayaran apa yang akan saya dapatkan untuk menumbuhkan bisnis saya?

Tanpa biaya pemasangan dan tanpa biaya bulanan, NICEPAY menawarkan semua saluran pembayaran yang Anda butuhkan untuk menerima pembayaran secara online dan menumbuhkan perkembangan bisnis Anda. Banyak jenis pembayaran populer yang NICEPAY miliki, seperti pembayaran melalui kartu kredit, kartu debit, virtual account dengan sembilan bank, convenience store, link payment, direct debit, dan e-wallet. Saluran pembayaran yang beragam seperti ini akan membuat bisnis Anda lebih menarik bagi konsumen karena mudah untuk melakukan pembayaran.

5.    Apakah ada layanan pencegahan penipuan?

NICEPAY memiliki tim Risk Management yang bekerja untuk memantau seluruh transaksi yang ada. Tim tersebut akan segera menghubungi anda jika ada transaksi-transaksi yang sekiranya mencurigakan segera setelah mereka mengidentifikasinya. Selain itu, NICEPAY memiliki sebuah fraud detecting system yang dapat mendeteksi adanya indikasi penipuan dari transaksi yang masuk melalui kartu kredit.

6.    Apakah payment gateway tersebut memiliki izin atau lisensi tertentu?

Izin dari Bank Indonesia tentunya dapat menjadi referensi bagi Anda untuk mengetahui apakah payment gateway yang akan Anda gunakan terdaftar dan sedang diawasi kegiatannya oleh mereka. Tenang saja, NICEPAY telah memiliki izin tersebut sejak awal tahun 2017. Selain izin dari Bank Indonesia, NICEPAY juga telah memiliki lisensi dari PCI DSS dengan Level 1, yang berarti NICEPAY telah memenuhi standar keamanan tertinggi untuk transaksi keuangan online.

7.    Apakah payment gateway tersebut aman dan stabil secara finansial?

Beberapa payment gateway berada dalam situasi keuangan yang sulit dan tidak menghasilkan keuntungan. Anda tentunya tidak ingin menemukan bahwa sehari hari payment gateway yang Anda gunakan tiba-tiba gulung tikar. NICEPAY merupakan bagian dari NICE Group yang merupakan perusahaan finansial terbesar di Korea Selatan dan telah beroperasi selama lebih dari 25 tahun.

Sekali lagi, ketahuilah bagaimana payment gateway bekerja, serta bagaimana latar belakang mereka. Jangan hanya karena merek yang terkenal atau seberapa besar perusahaannya, tapi harus dilihat juga bagaimana pendukung lainnya yang dipunya oleh perusahaan tersebut. Cobalah untuk tetap kritis dalam seluruh aspek.

Good luck!