Bagaimana Cara Memilih Payment Gateway yang Tepat?

by Blog Nicepay
1445 views

Jika Anda menjalankan bisnis atau ingin membangun sebuah startup, Anda harus tahu bahwa layanan pembayaran adalah sebuah keharusan yang harus Anda penuhi. Berikui ini akan dijelaskan mengapa Anda memerlukan payment gateway dan cara memilih penyedia layanan payment gateway untuk bisnis Anda.

Apa itu payment gateway dan kenapa Anda membutuhkannya?

Singkatnya, payment gateway adalah layanan yang memproses pembayaran untuk toko online. Mereka menyediakan sistem perangkat lunak yang memfasilitasi transaksi dengan menjadi perantara informasi transaksi.

Fungsi pemrosesan pembayaran yang dimiliki payment gateway memungkinkan sebuah bisnis untuk menerima pembayaran kartu kredit atau berbagai jenis pembayaran online lainnya yang disediakan masing-masing penyedia layanan payment gateway. Tanpa integrasi dengan payment gateway, konsumen Anda tidak dapat membayar untuk produk atau layanan yang mereka beli secara online.

Fungsi payment gateway

1.    Enkripsi

Browser web mengenkripsi data. Payment gateway kemudian mengirimkan data transaksi ke prosesor pembayaran atau saluran pembayaran yang konsumen pilih.

2.    Permintaan otorisasi

Pemroses pembayaran mengirim data ke bank atau saluran pembayaran. Kemudian mereka akan melihat permintaan otorisasi tersebut dan menentukan apakah pembayaran itu valid atau tidak.

3.    Meneruskan ke pesanan

Prosesor meneruskan otorisasi yang berkaitan dengan penjual dan konsumen ke payment gateway. Setelah payment gateway memperoleh respon ini, mereka akan mengirimkannya ke situs Anda untuk memproses pembayaran.

Bagaimana cara memilih payment gateway yang tepat?

Bagaimana caranya? Pertimbangkan fitur berikut:

1.    Keamanan

Keamanan jaringan membuat konsumen Anda tidak perlu khawatir akan informasi keuangan mereka. Informasi tersebut akan tetap aman saat membeli dari situs Anda. Carilah penyedia layanan payment gateway yang memiliki lisensi PCI, karena ini sangat penting untuk penerimaan pembayaran dengan kartu kredit secara online. Berikut daftar singkat lapisan keamanan payment gateway:

–       Setiap payment gateway harus memiliki enkripsi tingkat tinggi (SSL 128 bit) untuk menghindari berbagai jenis pelanggaran.

–       Lapisan kedua adalah tanda digital. Bahkan jika seorang peretas mendapatkan ID Anda, akun Anda masih aman dengan tAnda digital ini.

–       Setelah tAnda digital tersebut ada IP dinamis. Jika akun Anda digunakan dari alamat IP lain, maka transaksi akan ditolak.

2.    Pengalaman konsumen

Proses pembelian dari toko atau layanan online Anda harus nyaman bagi seluruh konsumen Anda. jika memerlukan terlalu banyak langkah, waktu, atau informasi pribadi, konsumen Anda dapat meninggalkan pembelian dan mencarinya di tempat lain. Anda harus mencari payment gateway yang memungkinkan Anda menerima semua jenis kartu kredit dan debit utama, serta dapat berintegrasi dengan semua jenis keranjang belanja. Yang paling penting, payment gateway yang akan Anda gunakan juga harus optimal bagi pengguna seluler.

3.    Dapat diterima secara internasional

Pastikan payment gateway yang Anda pilih dapat berfungsi secara internasional karena konsumen Anda mungkin saja datang dari penjuru dunia.

4.    Model bisnis

Lihatlah daftar bisnis yang didukung oleh payment gateway pilihan Anda. tentunya, jenis bisnis Anda harus termasuk dalam salah satunya.

5.    Biaya

Struktur biaya di setiap payment gateway pasti berbeda, jadi pastikan biaya mereka sesuai dengan anggaran Anda dan biaya yang mereka tawarkan tidak berlebihan dibandingkan dengan penawaran harga dari payment gateway lainnya.

6.    Layanan dukungan

Periksa apakah penyedia layanan payment gateway tersebut menawarkan dukungan teknis langsung yang setidaknya bekerja dalam jam kerja standar, sehingga Anda dapat dengan cepat menyelesaikan masalah teknis yang terjadi.

Semoga bermanfaat!