7 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Payment Gateway

by Larassatti Dharma
2892 views
ilustrasi seseorang yang sedang memilih

Kecepatan, keamanan, dan kemudahan dalam melakukan pembayaran menciptakan sebuah kesan bagi pelanggan yang tentunya akan menarik minat dan meningkatkan transaksi.

Pembayaran merupakan hal penting dari sebuah bisnis online dan pilihan untuk menentukan sebuah payment gateway merupakan salah satu elemen penting yang dapat mempengaruhi kesuksesan bisnis. Dalam dunia teknologi yang semakin pesat ini, pertumbuhan perusahaan payment gateway menjadi pihak yang banyak membawa kemudahan bisnis anda.

Secara singkat, payment gateway merupakan sebuah sistem infrastruktur yang memfasilitasi pembayaran dari toko online Anda. Proses transaksi dari sebuah website dan aktivasi merchant untuk menerima dan mengatur pembayaran menjadi lebih mudah, serta risiko transaksi pun dapat ditekan. Anda akan menemukan istilah merchant account yang merupakan jenis spesifik dari rekening bank yang digunakan untuk menerima pembayaran baik dari kartu kredit maupun debit. Merchant account tersebut akan menjadi rekening terpisah dari rekening utama Anda. Pada umumnya, lembaga keuangan akan mengenakan biaya untuk membuka, melakukan transaksi dan menyimpan merchant accounts. Dengan menggunakan payment gateway, biaya-biaya ini dapat ditekan. Artikel ini akan membahas hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum memilih perusahaan payment gateway bagi bisnis Anda.

Setiap bisnis pasti berbeda dan memiliki keunikan mereka sendiri. Ada yang beroperasi sepenuhnya secara daring, memiliki outlet atau toko fisik, dan beberapa menawarkan pengalaman berbelanja secara omni-channel. Beberapa bisnis juga memiliki jumlah transaksi kecil perbulan atau beberapa memiliki puluhan bahkan ribuan transaksi perbulannya. Maka dari itu, penting untuk mengerti kebutuhan operasional bisnis dan mengamati jenis-jenis payment gateway serta fitur-fitur yang cocok untuk usaha Anda. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih sebuah payment gateway, yaitu:

1. Jenis Kanal Pembayaran

Kanal-kanal pembayaran semakin beragam, seperti menggunakan kartu debit atau kartu kredit untuk melakukan pembayaran. Namun, beberapa opsi lainnya kini semakin populer terutama untuk pelanggan yang tidak memiliki rekening bank dan tetap ingin dapat membeli suatu produk secara daring. Dengan berbagai jenis cara pembayaran tersebut, disarankan untuk memilih payment gateway yang memiliki kanal pembayaran yang variatif sehingga mempermudah pelanggan untuk melakukan pembayaran.

2. Hosting atau On-Form Payments

Sebuah payment gateway dapat bersifat hosted atau non-hosted. Sebuah hosted gateway akan mengarahkan pelanggan ke website di luar e-commerce Anda pada saat melakukan pembayaran. Non-hosted gateway akan membiarkan pelanggan untuk tetap berada di website saat melakukan pembayaran. Tentunya hal tersebut perlu diperhatikan guna meningkatkan pengalaman dan kepercayaan pelanggan saat melakukan transaksi sesuai dengan jenis usaha Anda.

3. Biaya

Hal ini merupakan aspek yang cukup krusial untuk dipertimbangkan saat memilih payment gateway. Beberapa memberlakukan biaya set-up dan on-going­ tergantung dari jenis fitur yang dipilih, beberapa juga akan menerapkan biaya lainnya jika terjadi chargeback atau refund dalam sebuah transaksi. Tentunya hal tersebut harus dengan teliti dipertimbangkan dan dibicarakan dengan perusahaan payment gateway pilihan Anda.

4. Keamanan

Kejahatan siber merupakan isu yang kian meningkat dan menjadi keresahan pemilik bisnis online. Aktivitas penipuan dapat menjadi nilai signifikan dan mencoreng nama baik serta reputasi dari usaha Anda. Pilihlah payment gateway yang menawarkan sistem keamanan yang mumpuni dan stabil. Tingkat keamanan masing-masing payment gateway juga dapat mempengaruhi biaya yang ditawarkan. Maka dari itu, Anda perlu menetapkan budget yang cukup dan sesuai dengan tujuan bisnis jangka panjang.

5. Scalability, Reliability dan Uptime

Proses pembayaran sangat penting untuk kesuksesan bisnis online Anda. Pastikan penyedia payment gateway Anda memiliki keandalan dan ketersediaan yang terbukti dalam mengantisipasi banyaknya pelanggan yang melakukan transaksi. Selain itu, kepastian stabilitas sistem yang konstan bahkan di musim promosional puncak dan periode padat pelanggan lainnya juga perlu diperhatikan.

6. Kebijakan Pay-out

Dengan payment gateway apa pun, uang membutuhkan waktu untuk mencapai akun Anda karena dana perlu diproses oleh bank penerbit dan pengakuisisi. Untuk menghindari transfer setiap kali pembelian dilakukan, payment gateway biasanya memiliki frekuensi pencairan dana harian atau bulanan sesuai dengan kanal pembayaran. Cari tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam hal pencairan dana dan pilih yang paling cocok dengan arus keuangan bisnis Anda.

7. Customer Support

Tentu saja dukungan layanan pelanggan merupakan aspek yang sangat penting bagi setiap perusahaan penyedia jasa. Dalam industri pembayaran, layanan pelanggan yang siap siaga selama 24 jam lebih direkomendasikan untuk memberikan pendampingan bagi Anda. Hal ini penting untuk mencegah kerugian waktu dan uang di kemudian hari akibat permasalahan yang terlambat ditangani.

NICEpay sebagai salah satu perusahaan payment gateway Indonesia, telah memiliki lisensi dari Bank Indonesia, serta lisesnsi PCIDSS yang memastikan data Anda dan pelanggan terenkripsi. NICEpay juga memiliki sistem keamanan Fraud & Risk Identification System & Knowledge (FRISK) yang dapat mendeteksi transaksi terduga penipuan pada bisnis Anda. Tidak hanya itu, layanan customer service selalu siap siaga untuk mengatasi permasalahan Anda selama 24 jam.

NICEpay menyediakan banyak kanal pembayaran untuk sebagai solusi payment Indonesia, seperti:

  • virtual account melalui 9 bank besar di Indonesia,
  • debit online,
  • kartu kredit,
  • pembayaran melalui convenience store,
  • dompet digital (e-wallet), disbursement,
  • payment link, dan
  • SMS broadcast.

Jika Anda tertarik untuk bergabung bersama merchant-merchant NICEpay lainnya, caranya sangat mudah, cukup dengan menekan tombol di bawah ini untuk mendaftar melalui WhatsApp. 

Untuk melihat penjelasan lebih lengkap terkait produk dan penawaran lainnya, Anda dapat mengunjungi website resmi kami di www.nicepay.co.id.

 

Sumber: specommerce.com, bigcommerce.com