5 Keuntungan Payment Gateway untuk Tingkatkan Bisnis Online

by Blog Nicepay
2325 views
5 Keuntungan Payment Gateway untuk Tingkatkan Bisnis Online

Pesatnya perkembangan digitalisasi telah membawa pengaruh bagi sebagian besar aspek hidup manusia. Banyak orang yang kian memanfaatkan dunia digital sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan mereka, mulai dari memperoleh informasi, berbelanja, berbisnis online, hingga bertransaksi. Tak perlu diragukan jika segala sesuatunya bisa menjadi lebih cepat dan sederhana.

Kesempatan ini pun kemudian kerap dimaksimalkan, salah satunya oleh para pelaku bisnis dalam mengembangkan usahanya. Selain dari pemilihan barang atau jasa yang disediakan, keamanan dan praktisnya sistem pembayaran juga tidak kalah penting untuk diterapkan dalam bisnis online. Dengan begitu, pelaku bisnis dan pelanggannya bisa terus terhubung melalui perantaraan proses transaksi jual-beli.

Penggunaan payment gateway dapat menjadi kunci signifikan untuk mendukung kinerja suatu bisnis online, khususnya dalam menyajikan kemudahan bertransaksi. Keuntungan lainnya pun dapat dinikmati oleh banyak pihak, baik para pelaku bisnis dan pelanggan. Hal ini dapat didasari dengan tersedianya berbagai metode payment Indonesia yang terintegrasi.

1. Metode pembayaran beragam

Semakin banyak metode pembayaran yang tersedia dalam suatu bisnis online, maka semakin besar pula peluang untuk memberikan kenyamanan bertransaksi dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan mengintegrasikan payment gateway, pelaku bisnis cukup menyediakan satu rekening bank untuk menerima transaksi masuk dari berbagai kanal, seperti virtual account, kartu kredit, transfer bank, toko retail, dan dompet digital.

2. Terjaminnya keamanan

Keamanan bertransaksi, serta terjaganya data dan informasi pelanggan menjadi dasar yang harus terus diperhatikan oleh penyedia layanan payment gateway. Hal ini dapat dipastikan dengan adanya sistem anti-fraud, seperti Fraud & Risk Identification System & Knowledge (FRISK) yang membantu mengawasi transaksi berisiko. Di sisi lain, sertifikasi Payment Card Industry Data Security Standard Level 1 dan lisensi dari Bank Indonesia juga menjadi pertimbangan.

3. Jangkauan bisnis lebih luas

Terintegrasinya metode pembayaran yang bervariasi di suatu bisnis online dapat memperluas jangkauan pasar, mengingat para pelanggan dapat menyesuaikan metode yang diinginkan, serta dapat bertransaksi dari mana dan kapan saja. Di samping itu, menjamurnya pengguna internet yang begitu banyak memungkinkan adanya peningkatan transaksi masuk.

4. Proses transaksi mudah dan cepat

Payment gateway mampu menciptakan kegiatan transaksi yang lebih mudah dan cepat untuk diproses, terlepas dari berapa banyak pembayaran yang diterima. Pelaku bisnis tidak lagi harus mengonfirmasi setiap transaksi masuk secara manual, sedangkan para pelanggan juga tidak perlu repot mengirimkan bukti bayar karena semuanya ini telah terekam dalam dashboard yang mencatat proses rekonsiliasi.

5. Rekonsiliasi keuangan yang lebih mudah

Rekapan harian terkait transaksi yang masuk, laporan penjualan, serta informasi mengenai pelanggan dapat dilihat melalui dashboard layanan payment gateway. Selain itu, cakupan rincian detail nominal yang sudah terbayarkan dan status transaksi juga bisa diidentifikasi dan disesuaikan, sebagai cara untuk meminimalisir kesalahan saat melakukan catatan transaksi.

Sebagai payment gateway Indonesia, NICEpay Indonesia juga menghadirkan berbagai keuntungan serupa dalam menyediakan layanan all-in-one dengan 9 metode pembayaran yang dapat diintegrasikan pada bisnis yang dijalani. Ditambah lagi dengan adanya layanan customer service kami yang menjadi pusat bantuan dalam menangani masalah pada sistem, serta adanya fitur back office support untuk membantu menganalisis pembayaran, begitu juga akuntansi dan rekonsiliasi transaksi.

Semakin tertarik untuk menerapkan payment gateway dalam bisnis Anda? Optimalkan pengalaman bertransaksi yang aman dan nyaman dengan solusi dari NICEpay Indonesia dan segera daftarkan bisnis Anda.

Sumber: cermati.com, foundersguide.com