Fitur Back Office dari NICEpay Permudah Kelola Transaksi Bisnis

by Blog Nicepay
2339 views
Fitur Back Office

Tak perlu beranjak dari tempat duduk atau pergi jauh ke suatu tempat untuk menyelesaikan pembayaran, kini hanya dengan gadget, orang-orang sudah dapat memenuhi kebutuhannya melalui online payment. Hal ini termasuk dengan diterapkannya payment gateway dalam suatu bisnis online yang telah memberi keuntungan bagi proses jual-beli antara pelaku bisnis dan para pelanggan agar lebih optimal.

Dalam memprioritaskan keamanan dan kenyamanan bertransaksi, NICEpay Indonesia telah melengkapi layanannya dengan sertifikat PCI DSS Level 1 Version 3.2.1 dan lisensi dari Bank Indonesia. Fitur Fraud & Risk Identification System & Knowledge yang diterapkan juga dapat mengidentifikasi transaksi yang dianggap berisiko.

Di samping itu, NICEpay Indonesia sebagai payment gateway juga dapat membantu mengintegrasikan beragam metode payment Indonesia dalam bisnis, seperti instalment non-bank, virtual account, credit card, e-wallet, convenience store, direct debit, disbursement, SMS broadcast, dan payment link pada bisnis online dengan solusi transaksi yang lebih praktis. Pelaku bisnis atau pihak perusahaan pun dapat menikmati kemudahan untuk mengecek rincian laporan terkait transaksi yang masuk dengan satu fitur bernama back office.

Apa itu back office?

Fitur back office merupakan sebuah dashboard dari NICEpay Indonesia yang ditujukan untuk semua merchant agar dapat memonitor dan mengelola transaksi secara real time serta mendetail dalam bisnisnya. Dengan mengutamakan sistem interface yang user-friendly, para merchant bisa memanfaatkan fitur ini untuk berbagai keperluan transaksi.

1. Analisis pembayaran

Pihak merchant dapat menganalisis setiap transaksi yang diterima, sekaligus melihat status pembayaran secara menyeluruh, terlepas dari payment channel apa yang digunakan pelanggan untuk melakukan pembayaran. Hal ini dikarenakan adanya rekapan data transaksi yang sudah otomatis terekam dan bisa dikontrol penuh untuk mengakses dashboard.

2. Akuntansi dan rekonsiliasi

Keamanan bertransaksi, serta terjaganya data dan informasi pelanggan menjadi dasar yang harus terus diperhatikan oleh penyedia layanan payment gateway. Hal ini dapat dipastikan dengan adanya sistem anti-fraud, seperti Fraud & Risk Identification System & Knowledge (FRISK) yang membantu mengawasi transaksi berisiko. Di sisi lain, sertifikasi Payment Card Industry Data Security Standard Level 1 dan lisensi dari Bank Indonesia juga menjadi pertimbangan.

3. Mengenal kebiasaan pelanggan

Terintegrasinya metode pembayaran yang bervariasi di suatu bisnis online dapat memperluas jangkauan pasar, mengingat para pelanggan dapat menyesuaikan metode yang diinginkan, serta dapat bertransaksi dari mana dan kapan saja. Di samping itu, menjamurnya pengguna internet yang begitu banyak memungkinkan adanya peningkatan transaksi masuk.

4. Mengunduh dan menerima hasil settlement 

Laporan berisi detail transaksi dari hasil settlement harian dan bulanan bisa diunduh di menu settlement pada dashboard. Dengan begitu, merchant bisa segera memproses pencairan penerimaan dana ke rekening bank utama yang digunakan untuk keperluan bisnis. NICEpay Indonesia sendiri membebaskan biaya kirim dana settlement pada penggunaan bank partner, seperti Mandiri, BCA, BNI, CIMB, BRI, Danamon, Hana Bank, dan Maybank.

5. Pengembalian dana atau refund

Ada kalanya saat terjadi kendala pembayaran, merchant harus melakukan pengiriman dana atau refund kepada pelanggannya. Bagi tipe merchant fasilitator yang terhubung langsung dengan bank secara legalitas, proses refund akan dilakukan otomatis oleh bank. Sedangkan merchant aggregator akan mengembalikan dana langsung kepada pelanggan.

Selain melalui dashboard, NICEpay Indonesia juga memberikan pelayanan terbaiknya, sebagai payment gateway Indonesia, bagi para merchant dengan kehadiran tim customer service untuk menangani permasalahan dalam sistem selama 24/7.

Fitur back office dapat diakses setelah bisnis atau usaha Anda terintegrasi dengan NICEpay Indonesia. Segera bergabung bersama NICEpay Indonesia dan dapatkan kemudahan dalam  mengelola transaksi bisnis serta kenyamanan bertransaksi.

Sumber: cermati.com, foundersguide.com