Keuntungan Social Media Marketing dalam Menjalankan Bisnis Online

by Larassatti Dharma
3521 views
ilustrasi sebuah ponsel yang menjadi tempat bersandar untuk dua orang yang saling terkonksi di media sosial

Dalam kemajuan bidang teknologi yang pesat di masa sekarang ini, media sosial menjadi platform penting dalam bidang pemasaran. Jumlah penggunanya yang sangat besar memungkinkan untuk menjangkau pasar yang luas. Selain itu, fitur-fitur yang ada di dalamnya juga berguna untuk menyampaikan konten produk secara tepat sasaran. Maka dari itu, penerapan digital marketing yang tepat perlu dilakukan agar strategi yang telah disusun dapat membuahkan hasil yang memuaskan. 

Dengan semakin meluasnya penggunaan sosial media, maka semakin besar pula koneksi yang terbentuk dalam jejaring sosial tersebut. Mungkin Anda juga sering mendengar bagaimana media sosial menjadi tempat yang hampir selalu digunakan oleh para pelaku bisnis untuk memasarkan produk mereka.

Bagi sebagian besar pebisnis, terutama yang bergerak dalam lingkup online, SEO (search engine optimization) bukan merupakan hal yang asing lagi. Pengoptimalan mesin telusur tersebut memiliki kemungkinan untuk mendorong kegiatan pemasaran produk untuk lebih aktif. Penerapan SEO pun dibagi menjadi dua: on-page dan off-page. Dalam SEO on-page, Anda mengoptimalkan website Anda dengan cara memperhatikan elemen-elemen yang ada di dalam website itu sendiri.

Sementara itu, SEO off-page merupakan salah satu cara untuk menaikkan peringkat website Anda di mesin pencari di luar website itu sendiri. Salah satu cara yang paling efektif adalah memanfaatkan media sosial. Mengoptimalkan pemasaran melalui media sosial juga tentunya akan memaksimalkan visibilitas toko secara daring dan juga mendorong semakin dikenalnya produk yang dijual kepada pelanggan.

Strategi Pemasaran Media Sosial

Sebuah strategi pemasaran dalam sosial media dapat memberikan gambaran besar tujuan pemasaran bisnis Anda dan bagaimana Anda dapat mendapatkan hasil yang maksimal.

Platform media sosial yang ada sekarang ini memberikan biaya pemasaran yang relatif lebih terjangkau daripada metode iklan tradisional. Anda juga dapat menyesuaikan strategi pemasaran yang sesuai dengan budget Anda. Target pemasaran iklan secara digital dan pembuatan konten secara organik juga merupakan keunggulan dari social media marketing ini.

Selain bermanfaat untuk meningkatkan brand awareness produk Anda, social media marketing juga bermanfaat untuk membangun hubungan emosional yang baik dengan pelanggan. Dengan memiliki keterikatan emosional dengan produk Anda, pelanggan cenderung percaya dengan kualitas produk Anda. Bukan tidak mungkin pula mereka secara sukarela mempromosikan produk Anda ke orang-orang terdekatnya.

Sebelum mulai menerapkan strategi pemasaran melalui media sosial, perhatikan beberapa hal di bawah ini:

1. Tentukan Tujuan (Objective)

Tentukan hasil yang Anda harapkan dari usaha yang Anda keluarkan dan bagaimana mengukur tindakan selanjutnya yang perlu diberikan untuk mencapai hasil tersebut. Setelah memiliki tujuan, tetapkan goal yang terukur dan dapat dievaluasi untuk mencapainya.

2. Tentukan Target Pasar

Anda perlu menentukan target seperti apa yang cocok bagi produk yang Anda keluarkan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat buyer persona. Lakukan riset pasar sebelum memantapkan pilihan agar penjualan dapat dilakukan secara tepat sasaran.

3. Metrik

Dalam melakukan optimalisasi strategi, Anda perlu membuat sebuah strategi yang dapat diukur. Gunakan angka-angka untuk dapat mendefinisikan hasil kerja dengan jelas dan untuk memudahkan proses evaluasi setelah menjalankan strategi.

4. Konten

Setelah membuat dan memperhatikan tiga poin di atas, Anda dapat mulai membuat konten di akun media sosial bisnis Anda. Buatlah sebuah jadwal untuk membuat konten supaya ide Anda menjadi lebih teratur dan dapat dibagi dengan jelas. Sebelum Anda membuat iklan berbayar di platform media sosial, pastikan Anda telah memiliki konten organik yang menarik. Jangan biarkan calon pelanggan Anda mendapat kesan bahwa akun media sosial bisnis Anda kosong dan tidak menarik.

5. Platform

Media sosial memerlukan dedikasi waktu mengenai apa yang akan Anda lakukan dan bagaimana Anda dapat memanfaatkan media sosial tersebut untuk bisnis Anda. Setiap platform media sosial memiliki jenis konten dan tipe demografi pengguna yang berbeda-beda. Anda juga perlu memperhatikan aspek ini sebelum mulai membuat konten. Pilih platform yang sesuai dengan tujuan yang telah Anda tetapkan.

6. Evaluasi dan Improvisasi

Selalu lakukan evaluasi dari setiap kampanye pemasaran dan konten yang Anda unggah di media sosial. Setelah itu, buat improvisasi dan percobaan untuk menciptakan konten-konten menarik dan lebih disukai oleh pelanggan setia maupun calon pelanggan baru yang akan mengecek toko Anda.

7. Siapkan Infrastruktur yang Memadai

Sebelum Anda memulai untuk membuat gerakan besar dalam strategi pemasaran di media sosial ini, Anda perlu mempersiapkan toko Anda lebih dahulu. Dengan adanya pemasaran melalui media sosial, banyak calon pelanggan baru yang mungkin akan datang. Oleh sebab itu, penting untuk memastikan bahwa toko Anda sudah memiliki kapasitas yang cukup untuk melakukan transaksi dalam jumlah yang lebih besar daripada biasanya. Untuk memudahkan transaksi, Anda juga bisa menggunakan payment gateway.

NICEpay merupakan salah satu payment gateway Indonesia yang telah dilengkapi lisensi PCIDSS juga lisensi dari Bank Indonesia. Setiap transaksi yang dilakukan telah terjamin keamanannya. NICEpay menyediakan kanal-kanal pembayaran: virtual account melalui 9 bank besar di Indonesia, debit online, kartu kredit, pembayaran lewat convenience store, dompet digital (e-wallet), cicilan non-bank, payment link, disbursement, hingga SMS broadcast.

Integrasikan bisnis Anda bersama salah satu sistem solusi payment Indonesia. Tekan tombol di bawah ini untuk melakukan pendaftaran melalui WhatsApp. Temukan informasi lengkap mengenai produk dan penawaran lainnya di www.nicepay.co.id.

Sumber: shopify.com, redcomm.co.id