6 Hal yang Perlu Dipersiapkan dalam Memulai Bisnis Secara Online

by Larassatti Dharma
6065 views
Hal-hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Mulai Usaha Online

Setelah pandemi COVID-19 melanda, berbisnis secara online menjadi salah satu opsi sumber pendapatan yang marak dijalankan. Pandemi ini mengubah gaya hidup masyarakat dengan menghabiskan banyak waktu di rumah saja karena pembatasan sosial serta untuk melindungi diri dari transmisi virus. Prospek untuk menjalankan bisnis online setelah pandemi pun masih terbuka lebar karena kemudahan yang didapatkan konsumen dengan metode ini. Jika Anda merupakan salah satu yang tertarik untuk mencoba membuka bisnis secara online, berikut ini beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum mulai merilis toko Anda sendiri.  

1. Lakukan Riset Pasar  

Dalam menentukan peluang bisnis yang paling baik, selain menyesuaikan dengan passion atau sesuatu yang Anda sukai, coba lakukan riset pasar. Ketahui tren yang sedang muncul dan memiliki peluang untuk tetap dibutuhkan selama bertahun-tahun ke depan, bukan hanya tren yang terlihat cepat meredup. Buat bisnis Anda menjadi unik dengan menentukan kelebihan produk Anda dari segi identitas dan pelayanan. Untuk bisa mengetahui hal tersebut secara akurat, Anda perlu melakukan riset untuk mengetahui permintaan pasar serta kompetitor yang mungkin Anda temui.  

2. Buat Perencanaan Bisnis (business plan

Setelah menentukan produk yang akan dijual, akan sangat baik jika Anda menentukan model dan perencanaan bisnis (business plan). Dokumen ini pada umumnya berisi tentang dasar-dasar pelaksanaan bisnis, tujuan yang ingin dicapai, rencana perluasan bisnis, dll. Dengan membuat perencanaan bisnis, Anda telah menyatakan komitmen kepada diri Anda sendiri bahwa usaha bisnis ini serius dan terarah. Dalam hal pencarian modal dan investor di kemudian hari pun akan menjadi lebih mudah, meskipun bisnis hanya dijalankan secara daring. Adanya dokumen ini juga memberikan semangat lebih agar menjadi tidak mudah menyerah.  

Sebagai bagian dari dokumen business plan yang Anda buat, jangan lupa untuk menghitung perkiraan modal dan keuntungan yang akan diterima. Meskpun bisnis Anda ingin dijalankan secara online, pastikan kalkulasi modal telah dilakukan secara matang dan komprehensif. Meskipun dalam menjalankan bisnis online, Anda tidak mengeluarkan biaya sewa toko, perhatikan biaya-biaya pengiriman dari pemasok bahan mentah, biaya pemasaran, serta biaya maintenance atau pembuatan website. 

3. Tentukan Target Pasar yang Ingin Dituju (buyer persona

Setelah menentukan identitas dan tujuan bisnis Anda, langkah selanjutnya adalah menyusun target pasar yang ingin dituju. Penting untuk membentuk target pasar dari bisnis Anda sendiri sebagai bagian dari pembentukan identitas perusahaan. Aspek ini juga akan memudahkan Anda dalam memasarkan produk yang sesuai dengan target. Strategi pemasaran secara digital Anda juga ditentukan oleh target pasar yang telah ditujukan sebelumnya. Anda bisa mencoba membuat sebuah buyer persona, yaitu sebuah tokoh rekaan yang dapat dibayangkan sebagai calon pembeli barang di toko Anda. Hal ini akan berguna untuk menciptakan identitas bisnis yang kuat dan berdampak pada strategi pemasaran yang tepat.  

4. Buat Website Untuk Mendukung Bisnis 

Anda dapat memasarkan produk melalui e-commerce, tetapi akan lebih baik dan terlihat profesional jika sebuah toko memiliki lamannya tersendiri di internet. Website bagi sebuah bisnis online dapat diibaratkan sebagai rumah atau toko utama, sementara e-commerce dapat diibaratkan sebagai pusat perbelanjaan. Sebuah bisnis akan memiliki nilai jual dan kenyamanan yang lebih tinggi jika memilki website karena Anda sendiri yang akan bertindak dalam mengatur toko dan membuat kebijakan, tanpa membutuhkan campur tangan pihak ketiga. Anda dapat membuat website sendiri dari awal, atau juga dapat menggunakan jasa website builder. Pastikan penyedia jasa hosting website yang Anda piliih menyediakan lisensi bersertifikat SSL untuk menjamin keamanan data.  

5. Sisihkan Budget Untuk Memaksimalkan Pemasaran Digital 

Jika Anda berminat menjalankan bisnis secara online, sisihkan budget untuk membuat strategi pemasaran secara digital. Berbagai macam toko offline pun banyak yang menggunakan strategi ini dalam memasarkan produk dan terbukti mendapatkan hasil yang signifikan. Anda dapat membayangkan juga, bahwa hampir semua orang mengakses internet, di mana pun mereka berada. Dengan pemasaran digital, Anda dapat menjangkau pasar yang sangat luas baik di dalam maupun luar negeri. Maksimalkan peluang pemasaran digital ini dengan menyesuaikan rencana bisnis dan target pasar Anda. Berbagai macam bentuk upaya memaksimalkan pemasaran digital ini bisa berupa pembuatan foto produk yang bagus dan menarik, mencoba untuk mempelajari cara kerja beriklan di media sosial atau pun mesin pencari, pengemasan produk yang menarik dan aman.  

6. Buat Perencanaan Mitigasi Risiko Kejahatan Transaksi Online 

Hal yang tidak kalah penting sebelum Anda mulai merilis toko Anda adalah memastikan bahwa telah terdapat langkah-langkah mitigasi maupun pencegahan risiko dalam melakukan transaksi online. Pada kesempatan sebelumnya telah dibahas jenis-jenis dan tips menghindari kejahatan dalam bertransaksi online yang dapat Anda simak. Pastikan Anda menyediakan pengalaman berbelanja yang mudah dan nyaman bagi pelanggan-pelanggan Anda.  

Anda dapat menggunakan payment gateway sebagai solusi pembayaran bagi para pelanggan. Selain untuk menyediakan kanal pembayaran yang beragam, menggunakan payment gateway untuk melengkapi toko Anda dapat menghindari risiko kejahatan online yang berat. Sebagai perusahaan payment gateway Indonesia, NICEpay memiliki sistem yang stabil, serta dilengkapi dengan lisensi PCIDSS untuk menjamin keamanan transaksi Anda. NICEpay sebagai solusi payment Indonesia juga memiliki kanal-kanal pembayaran yang beragam untuk bisnis Anda: virtual account melalui 9 bank besar di Indonesia, debit online, kartu kredit, pembayaran lewat convenience store, dompet digital (e-wallet), installment non-bank, disbursement, payment link, hingga SMS broadcast. NICEpay merupakan pilihan payment gateway Indonesia yang sangat cocok bagi bisnis yang ingin bergerak secara online. 

Jika Anda tertarik untuk bergabung bersama merchant-merchant NICEpay lainnya, caranya sangat mudah, cukup dengan menekan tombol yang tertera di bawah post ini. Untuk melihat penjelasan lebih lengkap terkait produk dan penawaran lainnya, Anda dapat mengunjungi website resmi kami di www.nicepay.co.id.