Mengenal NTRANCE Disbursement dari NICEpay

by Larassatti Dharma
2764 views
ilustrasi seorang perempuan yang sedang memegang ponsel dan teks keterangan keunggulan NTRANCE Disbursment

Beberapa orang yang telah biasa mengenal istilah keuangan, disbursement mungkin tidak lagi asing. Namun, bagi Anda yang baru saja mendengar istilah ini mungkin bertanya-tanya sebenarnya apa itu disbursement 

Dalam pengertian kamus, disbursement dapat disebut sebagai transfer, pembayaran, ataupun pengeluaran. Biasanya istilah ini digunakan dalam perusahaan dan bukan merupakan istilah bagi pengeluaran perorangan.  

Sementara itu, dalam istilah transaksi keuangan, disbursement adalah pengiriman uang dari sumber dana kepada penerima pihak ketiga. Biasanya, transaksi ini dilakukan dari rekening bank sebuah perusahaan ke rekening bank pihak ketiga. Disbursement ini dapat dilakukan dengan berbagai jenis cara pembayaran seperti uang tunai, transfer dana elektronik, cek, dll.  

Layanan disbursement tersedia untuk memudahkan proses transfer dan pembayaran dari rekening perusahaan. Dalam perusahaan, sering terdapat pengeluaran yang perlu dihitung dalam akutansi, dan terkadang perlu dilakukan dalam jumlah yang beragam mulai dari jumlah kecil hingga besar, dan dikirimkan terhadap perorangan atau rekening perusahaan lain.  

Biasanya, disbursement dibutuhkan untuk kebutuhan sebagai berikut:  

  • Gaji karyawan 
  • Pembayaran kepada pemasok, kontraktor, dan penjual 
  • Penggantian biaya (reimburse) kepada karyawan atas biaya yang dikeluarkannya sendiri 
  • Pembayaran dividen kepada pemegang saham 
  • Distribusi keuntungan kepada pemilik bisnis lain 
  • Pencairan tunai (cash withdrawal) 

Disbursement dapat membantu percepatan transaksi keuangan dan digitalisasi usaha. Layanan ini memungkinkan Anda untuk mengatur sistem data transfer yang tersedia di aplikasi, lalu dapat dieksekusi sesuai dengan jadwal perintah aplikasi. Anda pun tidak perlu lagi melakukan transfer dana secara manual, sistem yang akan melakukannya untuk Anda. Pengaturan ini juga akan meminimalisasi proses birokrasi dan mencegah risiko transaksi yang terlewat. Anda tidak perlu membayar biaya transfer tambahan jika dana dikirimkan ke rekening bank berbeda, serta tidak perlu membuat  beberapa rekening bank untuk meminimalisasi biaya tersebut.  

Salah satu contoh kasus transfer dana dengan disbursement adalah ketika Anda memiliki satu platform penjualan online, di mana banyak toko dapat menjual dagangannya melalui platform Anda. Ketika transaksi selesai, penjual dapat dengan mudah menarik dananya dari platform Anda tanpa kesulitan yang berarti. Anda sebagai pemilik platform pun tidak perlu repot untuk memikirkan cara transfer dana kepada merchant Anda tersebut. Sistem disbursement yang akan secara otomatis bekerja dan mengirimkan dana.  

Selain contoh kasus di atas, Anda juga dapat menggunakan metode ini untuk mendistribusikan gaji karyawan Anda setiap bulannya. Cukup dengan satu kali klik, maka dana dapat langsung disalurkan ke banyak rekening. Anda juga dapat menjadwalkan pengiriman dana ini, sehingga tidak perlu lagi mentransfer dana satu per satu ke rekening karyawan Anda.  

Kini, Anda telah cukup mendapatkan gambaran tentang disbursement. Salah satu produk dari NICEpay, NTRANCE Disbursement, dapat membantu Anda memudahkan proses transaksi sesuai kebutuhan. Dengan biaya yang seminimal mungkin, Anda dapat menikmati kemudahan transfer dana bagi perusahaan Anda. NICEpay juga memiliki kerja sama dengan beberapa jaringan bank sehingga memungkinkan Anda untuk mengirimkan dana ke berbagai rekening  bank di dalam satu waktu.  

Proses penggunaan NTRANCE Disbursement dapat dilihat di bawah ini: 

  1. Top up dana ke rekening NICEpay sebagai rekening penampung. 
  2. Upload data penerima dana yang akan ditransfer, set up jadwal pengiriman, dll. 
  3. Data yang sudah diunggah kemudian divalidasi dan disetujui oleh pihak yang berwenang.
  4. Jika sudah disetujui, dana akan dikirimkan ke tujuan sesuai dengan informasi yang tertera pada di file yang diunggah.
  5. Dana sampai ke tujuan! Laporan akan dibuat setelah dana berhasil ditransfer

Sebagai perusahaan payment gateway Indonesia, NICEpay memiliki sistem yang stabil, serta dilengkapi dengan lisensi PCIDSS untuk menjamin keamanan transaksi Anda. Selain disbursement, NICEpay sebagai solusi payment Indonesia juga memiliki kanal-kanal pembayaran lain bagi bisnis Anda:  virtual account melalui 9 bank besar di Indonesia, debit online, kartu kredit, pembayaran lewat convenience store, dompet digital (e-wallet), installment non-bank, payment link, hingga SMS broadcast. NICEpay merupakan pilihan payment gateway yang sangat cocok bagi bisnis yang sedang ingin go digital. NICEpay juga telah dilengkapi dengan sistem Fraud Risk Detector yang dapat membantu mengidentifikasi transaksi yang dicurigai penipuan. Transaksi dapat dilakukan secara cepat dan aman.  

Jika Anda tertarik untuk bergabung bersama merchant-merchant NICEpay lainnya, caranya sangat mudah, cukup dengan menekan tombol yang tertera di bawah post ini. Untuk melihat penjelasan lebih lengkap terkait produk dan penawaran lainnya, Anda dapat mengunjungi website resmi kami di www.nicepay.co.id.