Amal Ibadah yang Dianjurkan pada Bulan Ramadan

by Blog Nicepay
4490 views
Lazis Jateng

Bulan suci Ramadan yang dinanti semua umat muslim tidak hanya di Indonesia, namun juga di seluruh penjuru dunia. Walaupun sama seperti dengan bulan-bulan pada kalender Hijriah lainnya yang hanya ada sekali dalam setahun, namun bulan ini sangatlah spesial. Hal ini karena adanya ibadah wajib yaitu puasa dan ibadah sunnah salat tarawih yang hanya dapat dilakukan pada bulan tersebut. Selain itu ibadah dan amalan yang dilakukan pada bulan ini mendapatkan pahala yang lebih besar dibandingkan dengan ibadah yang dilakukan di waktu lain.

Apa sajakah amalan-amalan yang sangat dianjurkan dan dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW pada bulan Ramadan tersebut? Berikut akan kami berikan beberapa daftarnya.

  1. Memperpanjang ibadah atau shalat malam

Menurut Hadis dari Al-Bukhari dan Muslim dikatakan menurut Aisyah RA bahwa Rasulullah SAW pada saat memasuki 10 malam terakhir mengencangkan ikat pinggang (bersungguh-sungguh dalam ibadah), menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah, serta membangunkan istri-istrinya untuk beribadah. Ibadah yang dimaksud di sini termasuk shalat malam dan zikir hingga waktu fajar.

  1. Berbuka puasa dengan hidangan yang manis

Dikatakan oleh Iman Ja’far Ash Shidiq bahwa Rasulullah SAW terbiasa memulai buka puasa dengan makanan yang manis. Apabila tidak ada, maka beliau akan berbuka dengan gula atau kurma.

  1. Melakukan sahur

Diantara banyak kebaikan di bulan suci Ramadan yang biasa dilakukan adalah bersantap sahur. Tidak hanya untuk mendapatkan tenaga selama seharian berpuasa, apabila kita melaksanakan makan sahur akan mendapatkan pahala karena merupakan salah satu kegiatan yang disunahkan.

  1. Menyegerakan shalat Magrib setelah membatalkan puasa

Mendahulukan ibadah shalat Magrib merupakan salah satu sunnah yang dicontohkan Nabi SAW segera setelah membatalkan puasa dan sebelum makan besar.

  1. Tilawah atau membaca Al-Quran

Meningkatkan bacaan Al-Quran pada bulan Ramadan merupakan ibadah yang biasa dilakukan oleh kebanyakan umat Islam. Pada waktu tersebut banyak orang berlomba-lomba untuk mengkhatamkan Al-Quran bahkan berkali-kali dikarenakan keutamaannya yang berbeda dibandingkan hari lainnya. Yaitu setiap satu huruf yang dibaca akan bernilai sepuluh kebaikan. Bayangkan seberapa banyak kebaikan yang akan didapatkan setelah mengkhatamkan Al-Quran.

  1. I’tikaf atau berdiam diri di masjid

Tidak dimaksudkan hanya untuk berdiam diri saja selama di masjid, tapi juga melakukan ibadah selama waktu tersebut. Kegiatan ini biasanya ramai dilakukan pada saat 10 malam terakhir bulan Ramadan dengan keinginan mendapatkan malam Lailatul Qadar.

  1. Berzakat dan memperbanyak sedekah

Zakat di bukan Ramadan merupakan ibadah yang wajib dilakukan bagi orang-orang yang mampu. Hal ini dikerjakan selain untuk menambah pahala dan juga prihatin serta turut membantu orang-orang yang membutuhkan. Di luar itu, memperbanyak sedekah secara ikhlas juga dipercaya akan diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT.

Pada kesempatan yang baik ini, salah satu partner kami yaitu Lazis Jateng kembali melakukan penerimaan dana Zakat, Infak, Shadaqah, dan Donasi lainnya dengan bekerja bersama NICEpay Indonesia. Dengan adanya kerja sama ini diharapkan akan memudahkan Anda untuk berdonasi, terutama di masa pandemi ini.

Ramadan tahun ini Lazis Jateng mengambil tema “Puzzle Ramadhan” yang ditujukan untuk dapat merangkai kebaikan Ramadan menguatkan kepedulian dan kebahagiaan terhadap sesama untuk mendapatkan kemuliaan serta keberkahan di bulan suci Ramadan. Terdapat program-program khusus yang diadakan untuk melakukan donasi ke berbagai penerima.

Terutama bagi Anda yang berada di Kawasan Jawa Tengah dan sekitarnya, mari tingkatkan amal ibadah di bulan suci ini dengan berbagi terhadap orang-orang yang membutuhkan melalui Lazis Jateng dengan mengunjungi https://lazisjateng.org/.

NICEpay sebagai penyedia payment gateway Indonesia tidak hanya menyediakan layanan virtual account melalui 12 bank besar di Indonesia, namun juga layanan pembayaran menggunakan Kartu Kredit, Direct Debit, E-wallet dan QRIS, Convenience Store, Installment Non-Bank, Payment Link, hingga layanan SMS Broadcast dan juga Disbursement.

Tidak hanya bertindak sebagai solusi payment Indonesia yang terpercaya aman dengan mengantongi lisensi PCIDSS Level 1 yang selalu diperbarui setiap tahunnya serta lisensi dari Bank Indonesia. Selain itu, fitur FRISK (Fraud & Risk Identification System) yang kami berlakukan dapat membantu proses identifikasi dan juga mengawasi transaksi berisiko di berbagai macam parameter. Sehingga keamanan dalam standar internasional dapat tetap terjaga.

Sementara untuk bantuan 24/7, tim Customer Service kami yang berpengalaman dalam mengatasi permasalahan transaksi Anda akan selalu siap menjawab melalui e-mail, chat WhatsApp, maupun telepon.

Jadi tunggu apalagi? Bagi Anda yang belum bergabung sebagai merchant kami dan berminat untuk memulai kerja sama serta mendapatkan keuntungan lebih dari program promosi seperti ini, silakan daftarkan bisnis Anda dengan cara klik tombol di bawah ini untuk mengunjungi website kami dan mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai layanan kami.

Have a NICEpay!

 

Referensi: lazisjateng.org, kemenag.go.id, orami.co.id