Tips Menghadapi Persaingan Bisnis Online bagi Pengusaha

by Larassatti Dharma
10872 views
ilustrasi orang-orang yang sedang bersiap dalam menghadapi pertandingan dalam berbisnis online

Di zaman serba digital dengan adanya pandemi yang membatasi mobilisasi masyarakat, bisnis online membuka peluang yang menjanjikan. Jangkauan pasar yang lebih luas dan keuntungan yang lebih besar tanpa keharusan memiliki toko fisik juga menjadi daya tarik. Perkembangan bisnis online di Indonesia pun menunjukkan angka yang cukup signifikan dengan 71,18% dari 16.277 usaha beralih ke bisnis online sejak 2017 berdasarkan data yang dirilis oleh BPS.

Dengan adanya permintaan pasar yang tinggi terkait bisnis online tentunya semakin banyak pula bisnis online yang tumbuh dan berkembang sehingga menimbulkan persaingan yang semakin ketat. Karena banyaknya pesaing dalam berbisnis online, para pemilik usaha perlu menyiapkan strategi agar bisnis yang dijalankan dapat terus beroperasi dengan lancar dan keuntungan yang didapatkan semakin meningkat. Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan dalam menghadapi persaingan dalam melakukan bisnis online:

1. Lakukan Riset Pasar

Hal paling utama yang perlu dilakukan untuk memulai atau meningkatkan penjualan bisnis online adalah dengan melakukan riset pasar. Anda dapat mengetahui produk atau jasa apa yang tengah ramai di masyarakat. Namun, bukan berarti menjual produk yang bersifat cepat luntur setelah trennya mereda. Dengan mengetahui apa yang terjadi di masyarakat, Anda dapat memanfaatkan tren yang tengah berlangsung untuk menciptakan sebuah inovasi.

2. Maksimalkan Branding

Branding merupakan hal yang sangat penting, tetapi banyak pengusaha yang kurang memanfaatkannya dengan serius. Pemilihan branding yang tepat dapat membuat seseorang merasa familiar dengan nama tersebut. Semakin familiar sebuah nama maka semakin tumbuh kepercayaan terhadap brand tersebut, terlebih jika didukung dengan adanya promosi dan keterikatan emosional yang cukup kuat dengan konsumen.

3. Inovasi

Riset pasar yang baik dan branding yang tepat tentunya akan semakin menambah kepercayaan dan ketertarikan pelanggan untuk melihat produk Anda. Untuk mendukung hasil yang didapatkan dari implementasi kedua elemen tersebut, inovasi diperlukan untuk membuat bisnis Anda memiliki keunggulan daripada kompetitor.

4. Berikan Potongan Harga atau Hadiah Spesial

Menyediakan potongan harga atau hadiah bonus ketika pelanggan melakukan pembelian dapat menjadi dalah satu strategi bisnis yang efektif. Berikan kompensasi ini sesekali sehingga konsumen juga dapat menantikannya. Jika dilakukan terlalu sering, konsumen dapat berpikir bahwa hal tersebut sudah biasa dan tidak terlihat spesial.

5. Lakukan Kolaborasi

Dibandingkan harus melakukan persaingan yang ketat dan terus-menerus dengan kompetitor Anda, lakukan kolaborasi dalam pembuatan produk atau pun acara. Baik usaha yang anda jalani dan yang dijalankan oleh kompetitor memiliki audiens masing-masing. Dengan menjalankan kolaborasi, Anda dapat mendapatkan audiens baru, demikian juga dengan bisnis yang berkolaborasi dengan Anda. Kolaborasi dapat meningkatkan penjualan maupun mempertahankan pertumbuhan usaha yang anda miliki.

6. Berikan Layanan Pelanggan yang Terbaik 

Pelayanan merupakan salah satu dari sekian banyak hal yang dapat mempengaruhi bisnis Anda, terlebih lagi ketika Anda menjalankan bisnis online. Pelayanan terhadap pelanggan termasuk dari menjawab berbagai pertanyaan, merespon terhadap keluhan dan kritik. Berikan pelayanan yang ramah dan responsif bagi pelanggan untuk meninggalkan kesan yang baik. Sebagian besar pelanggan pun lebih memilih toko yang mudah untuk dihubungi dan memberikan jawaban yang sopan, cepat dan mudah dipahami.

7. Manfaatkan Digital Marketing

Anda tentunya juga perlu memikirkan rencana pemasaran terutama secara digital. Anda perlu memahami hal-hal mendasar mengenai pemasaran digital untuk memaksimalkan pengiklanan dan mendorong jumlah pengunjung agar semakin tinggi. Pengelolaan SEO (Search Engine Optimization) juga dapat mempengaruhi tingkat visibilitas website toko Anda di mesin pencari. Tidak perlu pusing, digital marketing saat ini dapat dengan mudah dipelajari dari berbagai sumber. Jika Anda memiliki budget lebih, gunakan jasa digital marketing profesional untuk mengelola pemasaran digital bisnis Anda.

8. Berikan Pengalaman Berbelanja yang Baik untuk Pelanggan

Pengalaman pelanggan dalam berbelanja mempengaruhi penilaian pelanggan terhadap bisnis Anda. Aspek ini dapat menjadi penentu apakah seorang pelanggan akan setia dengan produk-produk Anda atau menjadi kecewa. Dalam bisnis online, pengalaman pelanggan dalam berbelanja tentunya berbeda dengan saat berbelanja pada toko konvensional. Pemilik usaha perlu memiliki desain website yang menarik dan sesuai dengan warna brand Anda. Desain yang baik juga merupakan salah satu aspek yang dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk Anda.

Selain itu, mudahkan transaksi pelanggan Anda dengan merancang proses check-out barang yang mudah. Sediakan sistem pembayaran yang beragam sehingga pelanggan Anda tidak meninggalkan belanjaannya akibat kanal pembayaran yang diinginkannya tidak tersedia. Gunakan payment gateway untuk mengakomodasi proses pembayaran yang mudah dengan pilihan yang beragam.

NICEpay menyediakan beragam kanal pembayaran yang dapat diintegrasikan ke dalam bisnis Anda. Saat ini, NICEpay sebagai solusi payment Indonesia menyediakan kanal pembayaran: virtual account melalui 9 bank besar di Indonesia, kartu kredit, pembayaran lewat convenience store, dompet digital (e-wallet), direct debit, disbursement, payment link, hingga SMS broadcast.

NICEpay merupakan payment gateway Indonesia dengan lisensi PCIDSS level 1 beserta lisensi resmi Bank Indonesia. Keduanya menjamin setiap transaksi yang dilakukan terenskripsi dan berlangsung dengan aman. NICEpay pun memiliki sistem FRISK yang dapat mengidentifikasi transaksi terduga penipuan untuk melindungi bisnis Anda. Integrasikan bisnis Anda bersama NICEpay dengan menekan tombol di bawah ini untuk mendaftar via WhatsApp. Informasi lebih lanjut mengenai produk dan penawaran lainnya dapat dilihat di www.nicepay.co.id.

Sumber: bps.go.id, mebiso.com, hercodigital.id