Jenis-jenis Modus Penipuan Online yang Merugikan Pemilik Bisnis

by Larassatti Dharma
5058 views
Jenis-jenis Penipuan Online yang Merugikan Pebisnis

Di tulisan sebelumnya, Anda telah mengetahui beberapa tips dalam menghindari kejahatan atau risiko berbisnis online. Pada kesempatan ini, akan dibahas beberapa jenis modus penipuan yang merugikan pemilik bisnis online yang bisa Anda ketahui dan coba untuk hindari sebagai pelaku bisnis, maupun sebagai pelanggan 

1. Penipuan yang terkait dengan penggunaan kartu kredit (money mule

Penipuan ini seringkali terjadi akibat adanya kebocoran informasi kartu kredit. Dalam melakukan pembayaran online, informasi yang dibutuhkan hanyalah berupa nomor kartu dan nomor CVV. Pastikan Anda tidak memberikan kedua informasi tersebut kepada orang yang tidak dikenal, atau pun mengunggahnya dalam bentuk foto di platform mana pun. Anda juga perlu berhati-hati dalam mengisi data pembayaran atau formulir apa pun secara online. Pastikan website yang Anda kunjungi merupakan situs kredibel dan telah terenkripsi untuk mencegah kebocoran data. Selain itu, kebocoran data juga dapat terjadi karena kartu kredit yang dipindahtangankan untuk melakukan pembayaran, misalnya di restoran atau tempat perbelanjaan lain. Jika kartu Anda tidak berada dalam pengawasan, petugas yang berjaga dapat mengambil data-data kartu Anda. 

Kejadian di atas dapat ditemui sebagai konsumen. Jika Anda merupakan pemilik bisnis, kasus penipuan seperti di atas juga dapat menimbulkan kerugian. Konsumen dapat mengajukan charge back kepada bank pemberi kredit. Untuk mendapatkan uang tersebut kembali, pihak merchant juga harus ikut bertanggung jawab mengikuti proses pengadilan yang berlaku, atau mengeluarkan uang ganti rugi kepada konsumen jika menolak mengikuti proses pengadilan.   

2.  Social engineering 

Modus penipuan ini berkaitan dengan manipulasi psikologis dengan tujuan menipu korbannya secara halus. Salah satu contoh yang paling sering ditemui adalah kasus penipuan lewat telepon. Oknum menelepon dan mengaku sebagai polisi atau pihak berwajib palsu. Selain melalui saluran telepon, ada pula yang berpura-pura menawarkan promo lewat sms, atau medsos dengan syarat transaksi transfer virtual account. Anda harus berhati-hati dalam menerima telpon dan SMS, tetap tenang ketika menerima panggilan yang dapat dicurigai penipuan.  Jangan pernah membocorkan kode OTP (One Time Password) Anda kepada pihak mana pun, karena informasi itu sama pentingnya dengan nomor PIN dalam bertransaksi. 

Sebagai pelaku bisnis, kasus ini dapat berdampak pada reputasi dan nama baik bisnis Anda yang berpotensi dicurigai sebagai bisnis yang tidak terpercaya oleh konsumen. Sebagai langkah pencegahan, Anda dapat memastikan dan memberikan pengetahuan kepada pelanggan tentang informasi-informasi asli toko Anda.  

3. Pemalsuan nama akun  

Beberapa oknum penipu juga membuat akun palsu di platform belanja online dengan menggunakan nama perusahaan pemerintah, leasing, dll. Akun-akun tersebut pun dapat terlihat sangat meyakinkan dan rapi, bahkan beberapa memasang iklan Google, Facebook, maupun Instagram. Jenis penipuan ini pun sering kali dilaksanakan oleh sekelompok orang yang memiliki berbagai macam peran. Semuanya dilakukan supaya seolah-olah terdapat sebuah kantor dan karyawan sungguhan yang sedang bekerja di dalamnya. Oknum-oknum ini biasanya melakukan tindakan penipuan dengan membuat pelanggan sengaja mengirimkan uangnya melalui proses transfer virtual account. Sebagai pelaku bisnis online, sangat penting untuk melakukan pengecekan berkala di internet tentang informasi toko Anda. Segera laporkan akun-akun yang mencoba menjadi bentuk palsu dari bisnis Anda untuk menghindari kerugian yang tidak perlu, juga turunnya kepercayaan konsumen terhadap toko Anda.  

Kasus-kasus penipuan ini menjadi semakin banyak dan beragam seiring berjalannya waktu. Salah satu penyebab semakin maraknya kasus penipuan jenis ini adalah karena risiko kejahatan siber seperti di atas memiliki tingkat risiko yang lebih rendah dibandingkan tindakan kriminal seperti perampokan. Metode ini juga dilakukan secara halus, sangat bertolak belakang dengan kasus kriminal sebelum kemunculan internet yang banyak melibatkan senjata tajam ataupun ancaman langsung terhadap seseorang.  Sebagai konsumen, Anda perlu menjaga data pribadi dengan baik, serta berhati-hati dalam mengakses link di internet. Jika Anda merupakan pemilik bisnis, sebaiknya siapkan langkah-langkah mitigasi risiko dan pencegahan yang dilakukan untuk menghindari kasus penipuan yang terjadi melalui toko Anda.  

NICEpay sebagai solusi payment Indonesia, tidak pernah kehilangan biaya charge back maupun ganti rugi sepeser pun yang disebabkan oleh kasus penipuan. Kondisi ini dapat terjaga karena NICEpay sudah memiliki sistem yang baik, CS yang terlatih, serta tim manajemen risiko yang bisa membantu mengembalikan dana merchant yang terdampak penipuan. 

NICEpay sebagai salah satu payment gateway di Indonesia, telah dilengkapi dengan fitur FRISK (Fraud & Risk Identification System & Knowledge). Sistem ini diciptakan dengan melatih mesin untuk mendeteksi transaksi terduga penipuan secara otomatis. Namun demikian, perlu diingat bahwa tidak semua sistem dapat bekerja sempurna, tindakan penipuan pun semakin beragam dan terus mengalami modifikasi. Tim Manajemen Risiko dari NICEpay berusaha secara berkala memperbarui berbagai modus penipuan dengan metode analisis studi kasus, lalu diaplikasikan ke dalam sistem. Anda tidak perlu lagi khawatir akan keamanan toko, sistem dari NICEpay akan membantu menjaga keamanan toko Anda untuk meminimalisasi risiko.  

Sebagai perusahaan payment gateway di Indonesia, NICEpay memiliki sistem yang stabil, serta dilengkapi dengan lisensi PCIDSS untuk menjamin keamanan transaksi Anda. NICEpay sebagai solusi payment Indonesia juga memiliki kanal-kanal pembayaran yang beragam untuk bisnis Anda:  virtual account melalui 9 bank besar di Indonesia, debit online, kartu kredit, pembayaran lewat convenience store, dompet digital (e-wallet), installment non-bankdisbursementpayment link, hingga SMS broadcast. NICEpay merupakan pilihan payment gateway Indonesia yang sangat cocok bagi bisnis yang sedang ingin go digital 

Jika Anda tertarik untuk bergabung bersama merchant-merchant NICEpay lainnya, caranya sangat mudah, cukup dengan menekan tombol yang tertera di bawah post ini. Untuk melihat penjelasan lebih lengkap terkait produk dan penawaran lainnya, Anda dapat mengunjungi website resmi kami di www.nicepay.co.id.