Tingkatkan Transaksi Bisnis Anda dalam Momentum Hari Belanja Online Nasional 2021

by Larassatti Dharma
1794 views
ilustrasi seseorang yang sedang bersorak akan potongan harga saat sedang harbolnas

Harbolnas dan tanggal cantik, dua hal tersebut sudah terkenal dan sering dirayakan setiap bulan dalam beberapa tahun terakhir. Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional ini merupakan upaya atau strategi pemasaran yang sudah lama dilakukan di berbagai negara untuk mendorong penjualan terutama pada akhir tahun. Harbolnas sendiri terinspirasi dari perayaan Cyber Monday atau Black Friday yang dilaksanakan di Amerika Serikat, Jepang, Inggris, Jerman maupun Kanada. Pada hari perayaan tersebut, toko-toko memberikan potongan harga secara besar-besaran sehingga menarik minat dan antusias pengunjung untuk datang dan berbelanja di toko tersebut.

Awal Kemunculan Harbolnas

Harbolnas pertama kali ada di Indonesia tanggal 12 Desember 2012. Awalnya program ini dicetuskan oleh para pemilik e-commerce yang tergabung dalam Asosiasi Ecommerce Indonesia (IdeA). Ide tersebut mulai dijalankan oleh salah satu platform e-commerce yang ingin mengampanyekan pesta belanja secara online. Seiring tahun dan menjamurnya berbagai toko online, harbolnas kini tak lagi dilaksanakan setahun sekali, bahkan beberapa lokapasar (­market place) memilih untuk melaksanakan harbolnas setiap bulannya.

Bagi pelanggan, harbolnas tentunya memberikan kesan tersendiri. Pelanggan bisa mendapatkan barang impian mereka dengan diskon ekstra dan juga transaksi yang mudah. Kampanye harbolnas dilakukan untuk mengedukasi masyarakat secara umum terkait kemudahan, keamanan dan kenyamanan belanja yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Secara umum, harbolnas berkontribusi terhadap tingkat penjualan bisnis online. Bahkan, harbolnas juga dapat mendongkrak ekonomi dan daya beli masyarakat. Dengan sifat usaha online yang tidak terbatas akan lokasi, harbolnas tentunya dapat membantu UMKM maupun bisnis lokal untuk menjangkau konsumen yang jauh lebih luas dan beragam.

Dampak Berpartisipasi dalam Harbolnas bagi Bisnis Anda

Dari tahun ke tahun, semakin banyak e-commerce yang bergabung ke dalam festival harbolnas ini. Menurut IdeA, terdapat 250 lebih platform belanja online yang tergabung dalam festival harbolnas di tahun 2019 dengan nilai transaksi mencapai 9 triliun. Peningkatan harbolnas setiap tahunnya merupakan bukti dari tingginya antusiasme belanja online masyarakat Indonesia, yang berarti meningkatnya pula peluang bisnis online di Indonesia.

Pada masa pandemi seperti sekarang ini, jaga jarak dan minimalisasi bepergian keluar rumah cenderung mengurangi tingkat perbelanjaan secara offline. Di saat yang sama, kondisi tersebut menyebabkan peningkatan penjualan online di masa pandemi, sesuai dengan apa yang dinyatakan BPS pada tahun 2020. Tentunya hal tersebut menunjukkan bahwa antusias masyarakat untuk berbelanja tidak mengalami penurunan, tetapi hanya terjadi perubahan media perbelanjaan saja dan hal tersebut merupakan peluang untuk terus meningkatkan bisnis online Anda.

Berpartisipasi dalam harbolnas pun juga bukan semata-mata memberikan diskon secara besar-besaran kepada konsumen, tetapi dapat dimanfaatkan sebagai salah satu strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan dalam jangka panjang dan juga mengenalkan produk usaha Anda kepada masyarakat melalui diskon yang diberikan, terutama kepada para pembeli baru.

Momen harbolnas sendiri juga dapat Anda manfaatkan untuk mengenal kompetitor dan mengevaluasi bisnis Anda untuk dapat menjadi lebih baik dari segi pelayanan konsumen dan juga produk. Kemudahan dan kenyaman pelanggan dalam berbelanja tentunya juga harus diimbangi dengan keamanan dan kemudahan dalam melakukan transaksi, maka hal tersebut menjadi salah satu hal yang penting dan patut anda perhatikan sebelum bergabung dalam festival harbolnas.

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan dalam Menghadapi Harbolnas

Sebelum mencapai harbolnas, siapkan rencana promosi yang ingin diberikan kepada pelanggan. Buat iklan dan sebarkan di media sosial untuk menarik pelanggan. Selain itu, untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung, pastikan koneksi internet Anda lancar pada saat promo, juga perhatikan kapasitas website e-commerce Anda.

Gunakan payment gateway untuk mempermudah proses transaksi pelanggan Anda dengan berbagai macam pilihan metode pembayaran. Dengan begitu, transaksi juga dapat dilakukan secara lebih cepat dan aman. NICEpay menyediakan ekosistem pembayaran dengan sistem yang stabil untuk menjadi salah satu solusi payment Indonesia.

Dengan lisensi transfer dana dari Bank Indonesia dan lisensi PCIDSS level 1, transaksi yang dilakukan melalui NICEpay telah terjamin keamanannya. Sistem FRISK andalan NICEpay juga menambah lapisan keamanan transaksi bisnis Anda. Hingga saat ini, terdapat beragam pilihan kanal pembayaran: virtual account melalui 9 bank besar di Indonesia, kartu kredit, pembayaran lewat convenience store, dompet digital (e-wallet), direct debit, disbursement, payment link, hingga SMS broadcast.

Daftarkan bisnis Anda dan dapatkan keunggulan payment gateway Indonesia bersama NICEpay. Klik tombol di bawah ini untuk melakukan pendaftaran melalui WhatsApp. Temukan informasi lebih lengkap dan penawaran lainnya melalui www.nicepay.co.id.

Sumber: niagahoster.co.id, cloudhost.com