Mengenal Virtual Account Lebih Jauh

by Blog Nicepay
3772 views

Seiring berjalannya waktu, ketersediaan sistem pembayaran yang semakin beragam telah mempermudah banyak pihak dalam bertransaksi, salah satunya melalui penggunaan virtual account atau VA. Fitur layanan bank ini dapat mengoptimalkan jalannya proses transaksi pada suatu perusahaan dalam melayani kebutuhan pelanggannya untuk mentransfer dana.

Di Indonesia, inovasi virtual account pertama kali diluncurkan oleh PermataBank di tahun 2006 untuk bekerja sama dengan pihak lain di sektor asuransi. Seiring berjalannya waktu, pemanfaatan virtual account ini berkembang untuk mendukung layanan cash management, penagihan piutang, transaksi valas, dan juga perdagangan obligasi.

Nah, sebelum memanfaatkan virtual account, kenali dulu fitur ini lebih lanjut.

Apa itu virtual account?

Virtual account merupakan sebuah nomor identifikasi pelanggan yang dibuat khusus oleh bank atas permintaan perusahaan. 

Dalam hal ini, perusahaan dapat memberikan nomor virtual account kepada pelanggannya untuk kemudian dirujuk saat memenuhi keperluan transaksi. Pihak perusahaan akan menerima notifikasi secara otomatis setelah ada dana yang masuk ke rekening utama dalam waktu real, sehingga informasi transaksi bisa langsung dikelola. 

Umumnya, terdapat dua metode pembayaran dan dua jenis virtual account yang nantinya dapat dikombinasikan dalam penggunaannya. Untuk menentukan jumlah nominal yang harus dibayarkan pengguna, metode open dan closed telah diterapkan.

Dalam virtual account open, pengguna dapat memasukkan sejumlah dana untuk dibayarkan, berapapun nominalnya. Biasanya hal ini berlaku bagi mereka yang ingin mengisi ulang saldo di suatu payment channel. Sedangkan pengguna virtual account closed hanya bisa membayarkan sejumlah dana sesuai dengan nominal yang telah ditetapkan, misalnya untuk pembayaran di e-commerce.

Di sisi lain, kedua jenis virtual account dapat mengacu pada berubah atau tidaknya nomor VA ketika digunakan. Sesuai namanya, nomor virtual account static akan tetap sama bila digunakan berulang kali. Namun, tidak dengan jenis dynamic yang akan mengalami perubahan setiap kali pengguna melakukan transaksi.

Kelebihan menggunakan virtual account

Walaupun berbeda dengan sistem transfer manual melalui bank, namun virtual account justru menawarkan banyak keuntungan yang ditujukan bagi pihak perusahaan dan pelanggan, khususnya dalam pengalaman bertransaksi yang lebih mudah.

1. Lebih cepat mengidentifikasi kiriman dana dari pelanggan

Setiap transaksi yang diterima secara real time langsung teridentifikasi secara otomatis oleh sistem, mulai dari nominal hingga nomor rekening, dan identitas pelanggan, sehingga perusahaan tidak perlu lagi menggunakan cara lama untuk mengonfirmasi status pembayaran. 

2. Rekonsiliasi transaksi penerimaan pembayaran lebih mudah

Perusahaan dapat merekonsiliasi setiap hasil penerimaan pembayaran berdasarkan riwayat transaksi yang teridentifikasi pengirimnya. Dengan begitu, proses pekerjaan administrasi bulanan dapat berjalan lebih efisien dan optimal dalam pencatatan pembukuan.

3. Luasnya jaringan transaksi virtual account

Pembayaran menggunakan virtual account dapat dilakukan melalui beberapa layanan payment Indonesia, di antaranya dengan ATM, teller bank, mobile banking, internet banking, bahkan transfer dari bank lain, sehingga memudahkan para pelanggan untuk menentukan metode yang sesuai. 

4. Pelanggan tidak harus menyerahkan bukti transaksi

Pelanggan tidak perlu lagi menyerahkan bukti transfer untuk bisa mendapatkan barang atau jasa yang telah dibayarkan sesuai dengan nominal yang tertera di invoice.  

5. Pelanggan tidak harus memiliki rekening yang sama dengan perusahaan

Terlepas dari rekening apa yang digunakan untuk menyelesaikan pembayaran via virtual account, para pelanggan tidak perlu lagi membuka rekening baru yang sesuai dengan rekening perusahaan.

Pengintegrasian virtual account dan metode pembayaran lainnya pada suatu bisnis dapat menjadi solusi yang tepat, tentunya lewat kehadiran payment gateway. Anda bisa menjadikan NICEpay Indonesia yang telah menggandeng bank-bank besar di Indonesia untuk membantu mengelola proses pembayaran.

Di samping itu, rekonsiliasi dan analisis pembayaran pun juga bisa Anda lacak melalui dashboard NICEpay Indonesia yang didukung oleh fitur back office dengan sistem keamanan yang terjamin. 

Segera daftarkan bisnis Anda dengan NICEpay Indonesia sebagai payment gateway Indonesia yang terpercaya dan gunakan kode referral: NICELink05 dengan klik di bawah ini.

Sumber: bca.co.id, bni.co.id, bri.co.id, danamon.co.id, permatabank.com