Metode Pembayaran Terpopuler di Indonesia

by Larassatti Dharma
3896 views
ilustrasi alat-alat pembayaran mulai dari ponsel pintar, mesin edc, kartu debit, dan uang

Hampir semua aktivitas di masa kini dilakukan secara online, termasuk juga kegiatan berbelanja yang kian hari semakin diminati masyarakat Indonesia karena kemudahannya. Menurut data dari Badan Pusat Statistika (BPS), peningkatan jumlah e-commerce yang ada di Indonesia melonjak sebanyak 17% atau mencapai 26,2 juta pelaku bisnis dalam waktu sepuluh tahun terakhir. Perkembangan teknologi yang semakin canggih juga mendukung kemudahan dalam berbagai hal termasuk transaksi jual beli. Banyaknya jenis pembayaran  juga menjadi faktor pendukung kemudahan dan kepraktisan transaksi jual beli yang mendorong meningkatnya penjualan.

Dalam kegiatan transaksi tersebut, berikut ini beberapa jenis metode pembayaran yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia:

1. Transfer ATM dan Virtual Account

Transfer via ATM merupakan metode pembayaran yang paling diminati oleh pelanggan di Indonesia. Transaksi ini dianggap mudah, aman dan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja terlebih jika memiliki aplikasi mobile banking di ponsel pintar. Tidak heran banyak bisnis yang memiliki layanan tersebut sebagai salah satu metode transaksi pembelian. Selain itu, layanan yang juga dekat dan menggunakan metode transfer dana adalah melalui virtual account. Metode pembayaran ini memungkinkan merchant untuk menerima dana dari berbagai macam rekening bank dalam satu rekening penampung saja.

2. QR Code

Metode yang kedua merupakan QR Code atau Quick Response Code. Salah satu alat pembayaran ini juga semakin diminati masyarakat karena kemudahan penggunaannya. Hanya perlu menggunakan ponsel pintar untuk membidik QR code yang tertera, Anda dapat dengan mudah menyelesaikan transaksi pembelian. Untuk mendukung kemudahan pembayaran ini pun, Bank Indonesia telah mencanangkan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Inovasi tersebut memungkinkan setiap merchant untuk memiliki satu kode batang (barcode) saja untuk menerima pembayaran dari berbagai macam kanal.

3. Kartu Debit

Dua hal di atas tentunya sudah memberikan kemudahan bagi pelanggan pada bisnis Anda. Pembayaran menggunakan kartu debit juga semakin populer, ditambah dengan banyaknya bank digital yang memudahkan pembelian online melalui metode ini. Pembayaran dengan kartu debit juga mendukung transaksi dalam jumlah besar dengan tetap aman dengan penggunaan kode OTP untuk mengotorisasi pembayaran.

4. Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan pembayaran yang tidak asing lagi dan tentunya dikeluarkan oleh lembaga perbankan untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan pembayaran. Menurut data yang dikeluarkan oleh thepaypers.com, jumlah kartu kredit yang beredar di Indonesia meningkat sebanyak 60% dalam beberapa tahun terakhir. Sebagian penerbit kartu kredit di Indonesia yang menggunakan skema Visa dan MasterCard dan juga memberikan penawaran cicilan untuk barang yang bernilai besar. Tidak heran, metode pembayaran ini pun semakin diminati oleh masyarakat Indonesia.

5. Pembayaran Melalui Gerai Ritel (Convenience Store)

Bisnis online dapat menjangkau berbagai jenis lapisan masyarakat di wilayah mana pun. Pembayaran melalui gerai ritel (convenience store) memiliki peminatnya tersendiri, terutama bagi pelanggan yang tidak dapat menemukan mesin ATM atau tidak memiliki baik kartu kredit maupun debit. Menurut data dari Bank Indonesia pada 2020, terdapat 91,3 juta masyarakat Indonesia yang masih belum mengakses layanan perbankan dan bertransaksi dengan menggunakan sistem pembayaran konvensional. Hal tersebut juga masih menjadi alasan mengapa pembayaran melalui gerai ritel masih cukup populer untuk digunakan.

6. Cash on Delivery (COD)

Metode pembayaran COD atau pembayaran secara tunai saat barang diterima, masih diminati oleh masyarakat Indonesia. Terutama bagi mereka yang tidak memiliki kartu kredit maupun debit atau tidak ada gerai ritel di wilayah mereka. COD juga terkadang dianggap sebagai salah satu cara untuk menghindari penipuan barang yang tidak diantar setelah dilakukan pembayaran.

Jika Anda memiliki bisnis dan masih menggunakan metode pembayaran transfer bank yang konvensional, Anda juga bisa menggunakan opsi payment link untuk membuat tagihan digital jika Anda hanya membutuhkan metode pembayaran bank transfer. 

Anda dapat menggunakan jasa payment gateway untuk dapat menyediakan layanan-layanan tersebut di toko Anda. NICEpay merupakan salah satu payment gateway Indonesia yang menyediakan lima kanal pembayaran yang paling digemari di Indonesia seperti yang disebutkan di atas. Kanal-kanal pembayaran yang tersedia di NICEpay mencakup: virtual account melalui 9 bank besar di Indonesia, debit online, kartu kredit, installment non-bank, pembayaran lewat convenience store, dompet digital (e-wallet), disbursement, payment link, hingga SMS broadcast.

Solusi payment Indonesia dalam genggaman Anda, lengkap dengan lisensi PCIDSS dan Bank Indonesia. Setiap transaksi yang dilakukan melalui NICEpay terjamin keamanannya. Tidak hanya itu, NICEpay juga dilengkapi dengan sistem FRISK yang mampu mendeteksi transaksi mencurigakan di toko online Anda.

Segera daftarkan bisnis Anda dengan menekan tombol di bawah ini untuk mendaftar melalui WhatsApp. Temukan informasi lainnya mengenai produk dan penawaran menarik lainnya melalui www.nicepay.co.id.

Sumber: katadata.co.id, rapyd.net.