Pentingnya Invoice Digital bagi Bisnis

by Christania Pingkan
2893 views
Digital Invoice

Dalam kegiatan jual beli, keberadaan invoice memang harus selalu tersedia. Sebagai salah satu dokumen penting berbentuk pengiriman tagihan dari penjual, invoice berperan untuk mencatat setiap barang atau jasa yang telah dibeli oleh pelanggan. Umumnya, invoice atau yang dikenal juga dengan istilah faktur terdiri atas keterangan nama, daftar produk atau jasa yang diperjualbelikan, jumlah pesanan, sistem pembayaran, serta harga yang harus dibayar.

Tak hanya berfungsi sebagai rincian pembelian yang ditujukan kepada pelanggan untuk dilunasi, invoice juga dapat menjadi alat penyesuaian dan pendukung bagi perkembangan bisnis. Di samping itu, invoice bisa membuat proses pembukuan keuangan lebih efisien.

Di tengah pesatnya perkembangan digital, invoice pun turut hadir dalam bentuk serupa. Invoice digital dapat menjadi solusi tepat untuk mempermudah pengelolaan keuangan suatu bisnis. Sesuai dengan namanya, invoice digital merupakan rekapan barang atau jasa dari hasil pembelian pelanggan yang umumnya berbentuk file non-fisik, seperti PDF. Namun, tak jarang juga pihak perusahaan melakukan scan pada invoice kertas untuk mengubah formatnya menjadi digital.

Anda juga mungkin pernah mendengar istilah e-invoice atau electronic invoice. Walaupun sama-sama dirancang untuk memenuhi keperluan dalam pembuatan tagihan, tetapi e-invoice dibuat secara sistematis dengan format elektronik yang dikirimkan antar komputer. Kemudian, data invoice pada jenis ini akan diterbitkan melalui form web standar berbasis internet.

Kelebihan Invoice Digital

Kehadiran invoice digital dapat membantu meningkatkan performa bisnis ke arah yang lebih baik. Hal ini didasari oleh beberapa kelebihan yang ditawarkan dari penggunaan invoice digital, di antaranya seperti yang dikutip situs Jurnal berikut ini.

1. Proses Manajemen yang Lebih Baik

Dengan adanya invoice digital, setiap proses pembuatan dan pengiriman tagihan akan berjalan lebih praktis karena dapat dilakukan dari mana dan kapan saja, begitu pun juga saat pelacakan invoice. Maka dari itu, status pelunasan invoice tidak perlu lagi dicek satu per satu secara manual.

2. Tingkat Profesionalisme Bisnis Meningkat

Penggunaan invoice digital dapat mendukung bisnis Anda dalam menciptakan keandalan untuk memastikan status pembayaran tagihan dari pelanggan. Tanpa harus menanyakan kepada masing-masing pelanggan terkait proses pelunasan, Anda bisa dengan mudah memeriksanya melalui sistem. Selain itu, fitur reminder dalam invoice digital juga bisa Anda pakai untuk mengatur jadwal kapan invoice akan ditagihkan.

3. Mendapatkan Pengetahuan Baru

Setiap data yang mencakup berapa banyak penghasilan di waktu tertentu, total pelanggan yang menggunakan metode pembayaran kredit, hingga rata-rata pengeluaran pelanggan yang berbelanja di bisnis Anda bisa didapatkan melalui invoice digital.

Nantinya, data ini bisa dijadikan sumber informasi atau pertimbangan untuk melandasi pembentukan strategi bisnis.

4. Lengkapnya Jejak Pembukuan

Tersimpannya seluruh data invoice pada sistem akan meringankan Anda dalam mengaudit laporan keuangan. Dengan begitu, setiap rincian dan rekapan invoice bisa terdeteksi tanpa perlu waktu lama.

Selain dari invoice digital, lengkapi juga bisnis Anda dengan payment gateway yang dapat mengintegrasikan berbagai metode payment Indonesia untuk mempermudah jalannya transaksi.

Sebagai solusi penyedia jasa online payment terpercaya melalui payment gateway Indonesia, NICEpay hadir dalam menawarkan sembilan pilihan layanan unggul berupa kartu kredit, online bank transfer, gerai retail, direct debit, e-wallet, installment non-bank, SMS broadcast, payment link, dan disbursement bagi sistem pembayaran bisnis Anda.

Bergabunglah segera bersama kami dan daftarkan bisnis Anda untuk tingkatkan kemudahan dan keamanan bertransaksi.

 

Sumber: akseleran.co.id, jurnal.id, paper.id