Praktis Bertransaksi Pakai E-wallet di Tengah Pandemi

by Blog Nicepay
2705 views

Pemenuhan kebutuhan sehari-hari perlu terus dilakukan, terlepas dari adanya dampak pandemi COVID-19 yang mengubah gaya hidup masyarakat dari biasanya. Hal ini mencakup diberlakukannya kebijakan physical distancing untuk mempersempit penyebaran virus.

Aturan ini pun kemudian diterapkan secara meluas ke berbagai aspek, termasuk dalam cara bertransaksi. Untuk mengurangi kontak fisik melalui alat pembayaran, masyarakat kemudian mengandalkan teknologi digital lewat kehadiran aplikasi e-wallet atau dompet digital.

E-wallet sendiri merupakan sebuah layanan elektronik yang termasuk dalam jenis online payment dapat menampung dana untuk melakukan pembayaran yang mencakup transaksi belanja dan tagihan. Kemudahan bertransaksi dengan e-wallet kian membuat angka penggunaannya melonjak sebanyak 24,42% (year on year) di masa pandemi berdasarkan catatan Bank Indonesia.

Salah satu alasan di balik tingginya angka tren ini dipicu oleh pertumbuhan e-commerce yang tak kalah menjamur karena merambahnya toko-toko offline ke pasar digital. Dengan begitu, masyarakat bisa secara praktis dapat berbelanja dari smartphone mereka dan menikmati keuntungan yang ditawarkan e-wallet.

1. Efisien untuk digunakan

Simpelnya penggunaan e-wallet sebagai metode payment Indonesia menjadi kelebihan utama. Cukup dengan menggunakan smartphone, transaksi dapat dilakukan dari mana dan kapan saja. Para pengguna tak harus berada di suatu toko untuk membayar keperluannya, tapi secara online pun e-wallet bisa diakses.

Tak hanya sampai di situ, saldo e-wallet dapat diisi ulang secara mudah melalui beberapa pilihan, seperti penyetoran tunai, transfer, hingga auto debet rekening simpanan atau uang elektronik hingga Rp 10 juta.

2. Lebih aman

Penyelenggara aplikasi e-wallet harus mengajukan permohonan izin kepada Bank Indonesia terlebih dahulu sebelum mengoperasikannya. Hal ini menjadi pendukung bagi keamanan dalam aktivitas transaksi, selain dari adanya fitur keamanan yang disediakan, di antaranya enkripsi data.

Di samping itu, pengguna e-wallet pun perlu memenuhi beberapa persyaratan sebagai cara untuk memperkuat data transaksi melalui verifikasi akun.

3. Jumlah nominal pembayaran dapat disesuaikan

Kini tak perlu lagi repot menerima kembalian atau khawatir tidak memiliki uang pecahan, karena dengan e-wallet, jumlah nominal dana yang harus dibayarkan dapat disesuaikan secara tepat. Khususnya di masa pandemi seperti ini, sistem contactless perlu diterapkan untuk meminimalisir risiko penyebaran virus melalui kontak fisik langsung.

Selain itu, karena penggunaan e-wallet sebagai metode pembayaran tidak melibatkan uang fisik, baik para pelaku bisnis yang menyediakan jenis pembayaran ini maupun pengguna dapat memangkas adanya kemungkinan peredaran uang palsu.

4. Diskon dan promo menarik

Tak jarang pihak penyelenggara aplikasi e-wallet menawarkan berbagai diskon dan promo menarik, seperti misalnya cashback besar-besaran, bonus poin, penggunaan voucher, atau kesempatan beli satu gratis satu.

Peluang ini kerap dimanfaatkan untuk menghemat anggaran belanja, mulai dari kebutuhan pangan, pakaian, gadget, perabotan rumah tangga, dan lainnya.

5. Meminimalisir penyebaran virus COVID-19

Di tengah situasi pandemi sekarang ini, beragam upaya terus dikembangkan untuk meminimalisir penyebaran virus COVID-19, termasuk dalam hal bertransaksi. Maka dari itu, penggunaan e-wallet dapat menjadi solusi yang tepat.

Apabila pengguna e-wallet melakukan transaksi melalui toko online, mereka tidak perlu bertatap muka langsung dengan penjualnya, dan tetap bisa menyelesaikan proses pembayaran. Sedangkan dalam toko offline, pengguna pun cukup mengandalkan ponsel pintarnya.

Layanan pembayaran e-wallet dapat juga diintegrasikan dalam bisnis Anda untuk memudahkan jalannya transaksi, secara khusus di masa pandemi ini, dengan menggunakan payment gateway.

NICEpay Indonesia sebagai payment gateway Indonesia dapat menjembatani bisnis Anda dengan metode pembayaran yang bervariasi, dari kartu kredit, online bank transfer, gerai retail, direct debit, installment non-bank, SMS broadcast, payment link, disbursement, hingga yang tak ketinggalan, e-wallet melalui partner kami: OVO, LinkAja, DANA, dan ShopeePay QRIS.

Bergabunglah bersama kami untuk prioritaskan kenyamanan bertransaksi.

 

Sumber: bi.go.id, forbes.com, liputan6.com