Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Pemilik Bisnis Sebelum Berpartisipasi dalam Harbolnas

by Larassatti Dharma
1601 views
ilustrasi datar hal yang perlu dilakukan dalam mengikuti harbolnas

Harbolnas telah menjadi sebuah perhelatan belanja besar yang diselenggarakan rutin setiap tahunnya dalam ekosistem bisnis online. Banyak lokapasar (marketplace) yang ikut serta mengadakan kampanye serta promo besar sehingga menjadikan hari perayaan tersebut dinantikan oleh banyak pelanggan. Kampanye Harbolnas yang semula hanya dilaksanakan setahun sekali di tanggal 12 Desember, kini banyak diselenggarakan oleh marketplace maupun e-commerce lainnya pada tanggal kembar setiap bulannya.  

Harbolnas memberikan kontribusi terhadap jumlah transaksi dan bahkan dapat mendongkrak ekonomi dan daya beli masyarakat. Dengan ini, harbolnas tentunya dapat membantu perkembangan UMKM dan bisnis lokal untuk mengembangkan usaha mereka dan menjangkau konsumen yang lebih luas. 

Momen harbolnas dapat dimanfaatkan untuk berpartisipasi, bukan semata dalam memberikan diskon besar-besaran kepada konsumen, seperti yang telah dijelaskan dalam artikel sebelumnya. Sebagai lanjutan dari pembahasan tersebut, artikel ini membahas hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan bisnis Anda sebelum ikut berpartisipasi dalam Harbolnas.  

1. Menyiapkan Stok Produk 

Hal utama yang perlu disiapkan dalam menghadapi momen harbolnas adalah stok produk yang mencukupi. Dalam hal ini, Anda tidak perlu menyiapkan produk sebanyak-banyaknya, tetapi sesuai dengan berapa banyak produk yang ingin Anda jual. Biasanya stok barang saat periode promo melebihi jumlah penjualan produk sehari-hari. Tentukan target sesuai dengan kalkulasi yang anda miliki dan pilih jenis produk yang akan Anda berikan potongan harga. Contohnya Anda dapat memberikan promosi pada produk-produk yang paling laku, atau membuat satu paket produk yang kurang mendapatkan perhatian pelanggan. Pemberian diskon dapat mendorong konsumen untuk mencoba produk Anda. Pastikan bahwa sebelum hari-H, Anda telah melakukan pengecekan ulang terkait stok produk tersebut sesuai dengan target yang ingin diraih, untuk mengurangi kesalahan dan risiko pengembalian dana. 

2. Kalkulasikan Prediksi Keuntungan dan Modal

Memberi diskon dalam jumlah besar tentunya akan menarik banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan, tetapi tujuan akhir dari partisipasi dalam harbolnas adalah profit. Kalkulasikan semua diskon yang akan Anda berikan pada momen harbolnas sesuai dengan titik BEP (Break Even Point) atau biaya balik modal dan juga margin keuntungan. Persiapan ini sangat penting, karena anda akan mendistribusikan produk Anda ke audiens yang lebih besar. Walaupun rasio keuntungan per barang tidak sebesar saat situasi normal, Anda tetap dapat mendapatkan keuntungan dari banyaknya jumlah barang dijual yang berpotensi melebihi hari-hari di luar periode promo. 

3. Mempersiapkan Tenaga Manusia dengan Optimal  Dalam momen harbolnas, konsumen akan datang secara bersamaan dalam jumlah besar. Jika tidak memiliki persiapan yang baik dari sisi tenaga manusia, Anda bisa merasa kewalahan sehingga tidak dapat memberikan pelayanan yang maksimal. Persiapkan tim dengan matang pada waktu sebelum, sesaat, hingga setelah momen Harbolnas untuk memastikan pelayanan konsumen yang baik. Dengan memastikan hal tersebut, Anda dapat membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan yang menguntungkan bisnis Anda secara lebih masif. 

4. Rencanakan Kampanye Promosi 

Hari pesta belanja dewasa ini banyak dilakukan setiap bulan. Anda dapat memilih untuk turut serta setiap bulan atau hanya pada bulan tertentu saja. Sesuaikanlah dengan tujuan bisnis Anda. Apa pun pilihan Anda, perhitungkan dengan baik setiap langkah dan persiapannya. Sebelum momen Harbolnas tiba, lakukan promosi yang gencar dan sesuai dengan target. Optimalkan website Anda untuk dapat muncul di laman pertama hasil pencarian.  Fitur iklan di media sosial juga dapat mendorong efektivitas promosi bisnis Anda. Strategi ini dapat meningkatkan pengetahuan konsumen tentang produk Anda sehingga mendorong keingintahuan konsumen, dan dapat berujung pada transaksi. 

5. Mengoptimalkan Website

Aspek terpenting dalam bertransaksi online adalah website. Sehingga, pada momen Harbolnas, pengoptimalan website perlu dilakukan. Pastikan alamat web bisnis Anda dapat menampung lonjakan pengunjung dan tetap dapat menjalankan transaksi dengan lancar. Lakukan pengelolaan dan penyesuaian paket hosting website Anda untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung. Perhitungkan pula biaya yang diperlukan untuk tetap sebanding dengan hasil keuntungan potensial yang bisa didapatkan. Selain itu, buat desain website yang menarik perhatian konsumen yang dapat dengan mudah dinavigasikan dan diakses dari berbagai jenis gawai (gadget).

6. Maksimalkan Kolaborasi

Banyak sekali pihak yang ingin memanfaatkan momen Harbolnas dengan baik, termasuk layanan logistik dan lembaga keuangan. Jauh hari sebelum momen Harbolnas dimulai, Anda sebaiknya sudah bekerjasama dengan layanan ekspedisi yang akan Anda pergunakan untuk memastikan produk aman sampai ke tangan konsumen. Kolaborasi dengan influencer sebagai strategi pemasaran juga dapat dilakukan untuk mencocokkan target pasar dan meningkatkan penjualan. Terakhir, hal penting yang harus anda perhatikan juga adalah memastikan saat dilakukannya pembayaran, konsumen dapat menavigasikannya dengan mudah, praktis dan aman. Kolaborasikan bisnis Anda dengan penyedia payment gateway Indonesia yang kredibel dan dapat diandalkan.  

NICEpay hadir sebagai solusi payment Indonesia dengan sistem yang stabil. Dengan lisensi transfer dana dari Bank Indonesia dan lisensi PCIDSS level 1, transaksi yang dilakukan melalui NICEpay terjamin aman. Sistem FRISK andalan NICEpay juga menambah lapisan keamanan payment gateway bisnis Anda. Terdapat beragam pilihan kanal pembayaran untuk dihadirkan dalam bisnis Anda: virtual account melalui 9 bank besar di Indonesia, kartu kredit, pembayaran lewat convenience store, dompet digital (e-wallet), direct debit, disbursement, payment link, hingga SMS broadcast 

Daftarkan bisnis Anda dengan menekan tombol di bawah ini untuk mendaftar melalui WhatsApp. Temukan informasi lebih lengkap dan penawaran lainnya melalui www.nicepay.co.id.   

 

Sumber: sirclo.com, mebiso.com