Dua Jenis Buyer yang Bermanfaat Untuk Pengembangan Bisnis Anda

by Larassatti Dharma
10342 views
ilustasi seseorang yang sedang duduk di sebelah keranjang dan kantong belanja

Dalam dunia bisnis yang semakin berkembang ini, Anda mungkin sudah tidak asing lagi terhadap buyer maupun buyer persona. Buyer sendiri memiliki arti pembeli, tetapi dalam dunia bisnis, buyer merupakan istilah yang dapat memiliki beberapa pengertian. Dalam sebuah perusahaan, posisi buyer bukan hanya sekadar pembeli, melainkan juga bertanggung jawab menangani masalah kebutuhan perusahaan dan pembelian.

Artikel ini akan membahas tentang kedua jenis buyer di dalam istilah bisnis: buyer persona dan buyer pembelian, beserta fungsi dan perannya.

Buyer Persona

Sebelum mulai memasarkan produk, Anda perlu mengetahui pelanggan tetap dan pelanggan potensial untuk pembuatan prospek. Dalam berbagai kesempatan, target pasar ideal Anda dapat diklasifikasikan menjadi beberapa tipe utama pembeli yang juga sering disebut sebagai buyer persona.

Buyer persona merupakan representasi semi-fiksi yang umum dari target pelanggan ideal Anda. Buyer persona dapat membantu memahami target pasar Anda dengan lebih baik dan memudahkan untuk menyesuaikan produk yang Anda jual. Dengan demikian, konten pemasaran produk Anda dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan, perilaku, dan juga masalah spesifik dari berbagai macam jenis pembeli secara tepat sasaran.

Berbeda dengan target audiens secara umum, buyer persona adalah deskripsi yang lebih rinci mengenai profil pembeli Anda. Informasi yang disebutkan juga mencakup apa yang mereka pedulikan dan bagaimana preferensi mereka dalam menerima informasi mengenai konten produk Anda.

Buyer persona merupakan elemen penting dalam bisnis untuk memahami audiens. Dengan membuat buyer persona di awal bisnis, Anda akan belajar mengenai pola pembelian pelanggan, bagaimana pelanggan Anda memahami waktu mereka secara online dan bagaimana mendapatkan informasi. Dengan begitu, Anda dapat memahami pembeli secara lebih jauh alih-alih hanya mengetahui informasi demografis secara sederhana. Tentunya hal tersebut akan memberikan keuntungan dalam menentukan inovasi produk, konsep, serta customer experience yang tepat bagi bisnis Anda.

Selain untuk menentukan hal-hal diatas, buyer persona juga berfungsi untuk:

  • Membantu melakukan pengembangan produk,
  • Menetukan strategi pemasaran yang tepat,
  • Membangun hubungan dengan pelanggan potensial dan meningkatkan pelayanan pelanggan.

Buyer Pembelian

Selain buyer persona, Anda juga perlu mengetahui buyer pembelian bagi bisnis Anda. Buyer ini merupakan personil yang memiliki tugas untuk melakukan pembelian bagi segala kebutuhan perusahaan. Setiap pembelian yang dilakukan oleh perusahaan harus dilakukan dengan penuh pertimbangan, maka dari itu penting bagi seorang buyer dalam perusahaan untuk memiliki kualifikasi khusus. Selain kualifikasi yang baik, kebutuhan tersebut mencakup bahan baku dan juga alat-alat produksi atau barang dan jasa yang mendukung keberlangsungan operasional seluruh divisi dalam sebuah bisnis.

Posisi buyer perusahaan biasanya berkaitan dengan aktivitas purchasing yang dilakukan seperti meneliti kebutuhan dan menampung usulan pengadaan kebutuhan, merancang metode pembelian, memastikan kebutuhan perusahaan dapat terpenuhi, merencanakan sistem pembayaran, berkomunikasi dengan vendor, serta mendokumentasikan rincian transaksi.

Berbeda dengan buyer persona yang lebih mengarah untuk tujuan mendatangkan pelanggan baru dan menjaga pelanggan tetap, buyer pembelian atau staf purchasing bertugas untuk membantu meningkatkan proses produksi dan juga kinerja operasional dengan cara melakukan pembelian-pembelian yang terinci dan terorganisasi melalui barang maupun jasa yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Buyer juga sering kali disebut sebagai divisi yang paling banyak menggunakan dana perusahaan. Namun, posisi ini sebetulnya justru memiliki peran penting untuk menekan pengeluaran melalui seleksi dan negosiasi dengan vendor yang tepat dan akurat dalam menentukan pos-pos pembelanjaan.

Maka dari itu, untuk mendukung kinerja buyer atau staf purchasing perusahaan dengan baik, Anda dapat menggunakan produk NTRANCE Disbursement dari NICEpay. Fitur tersebut dapat membantu pembayaran ke vendor secara tepat waktu, mendapatkan rincian transaksi yang jelas, mudah, dan aman.

Sebagai payment gateway Indonesia, NICEpay juga memiliki produk-produk pembayaran lainnya yang dapat memudahkan transaksi bisnis Anda. Solusi payment Indonesia yang tersedia hingga saat ini adalah: virtual account melalui 9 bank besar di Indonesia, debit online, kartu kredit, pembayaran lewat convenience store, dompet digital (e-wallet), installment non-bank, payment link, hingga SMS broadcast.

NICEpay merupakan payment gateway yang telah dilengkapi dengan lisensi PCIDSS serta lisensi Bank Indonesia yang memastikan setiap transaksi dilakukan dengan aman. Selain itu, sistem keamanan NICEpay memiliki fitur FRISK yang mampu mendeteksi transaksi-transaksi yang mencurigakan hingga terduga penipuan.

Apabila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau ingin melakukan pendaftaran melalui WhatsApp, tekan tombol di bawah ini untuk bisa terhubung. Simak info lengkap tentang NICEpay dan penawaran menarik lainnya di www.nicepay.co.id.

Sumber: accurate.id, promise.co.id