Mendorong Era Pembayaran Digital yang Efisien dan Aman dengan SNAP

by Blog Nicepay
681 views
SNAP

Standar Nasional Open API Pembayaran yang selanjutnya disingkat SNAP adalah Standar Nasional Open API Pembayaran yang ditetapkan oleh Bank Indonesia dalam industri sistem pembayaran. Sesuai dengan arahan dari Bank Indonesia, SNAP wajib diterapkan secara bertahap untuk mendukung sistem pembayaran berbasis Open API di Indonesia. Sebelum merilis standarisasi Open API, pihak terkait diwajibkan memenuhi prinsip tata kelola dan manajemen risiko, termasuk pengaturan sesuai perundang-undangan.

Tujuan pengembangan SNAP adalah untuk menciptakan industri sistem pembayaran yang sehat, kompetitif, inovatif, aman, dan efisien. Pengembangan ini memiliki tiga misi penting dalam penyelenggaraan sistem pembayaran. Pertama, mendorong integrasi, interkoneksi, interoperabilitas, keamanan dan keandalan infrastruktur sistem pembayaran. Kedua, meningkatkan praktik pasar (market practice) yang wajar. Ketiga, menyediakan standar untuk melindungi keamanan data konsumen dan para penyelenggara terkait sehingga terhindar dari praktik cybercrime dan fraud.

Terdapat kegunaan dan keuntungan dalam melakukan penerapan SNAP, antara lain:

  1. Dengan adanya protokol dan instruksi standar SNAP dari Bank Indonesia, bahasa yang digunakan menjadi seragam sehingga memudahkan interoperabilitas antara Bank. Keberhasilan standarisasi ini diharapkan dapat mendorong lebih banyak Bank untuk bergabung demi menciptakan industri pembayaran yang terintegrasi dan sehat.
  2. Menciptakan ekosistem pembayaran yang terintegrasi dan inovatif agar dapat memfasilitasi efisiensi dan interlinkage sistem pembayaran serta membuka potensi transaksi digital di masa depan antara Bank dan non-Bank untuk mendukung visi 2 dan 3 dari BSPI (Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia) 2025.
  3. Meningkatkan keamanan layanan nasional Open API pembayaran dengan melibatkan pengguna fasilitas SNAP dalam pemantauan berkala untuk tata kelola yang baik.
  4. Mengatur standardisasi pengujian pelaku industri dengan melakukan tahapan pengujian developer dan verifikasi untuk mengurangi fragmentasi industri, merangsang akselerasi ekonomi digital di Indonesia, serta memperkuat peran Bank sebagai penyedia layanan dan penyimpanan data.

Dengan demikian, penerapan SNAP diharapkan dapat memperlancar dan mempermudah integrasi antarsistem pembayaran sejalan dengan upaya untuk menciptakan ekosistem keuangan yang lebih aman dan efisien sesuai dengan visi BSPI (Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia) 2025.

Yuk, segera lakukan migrasi SNAP BI pada bisnis Anda dengan mengikuti langkah pada halaman ini