Keunggulan Direct Debit dalam Melakukan Transaksi Online

by Larassatti Dharma
17633 views
ilustrasi kartu debit yang dapat memudahkan transaksi

Transaksi ekonomi berbasis digital menjanjikan penggunaan yang mudah dan dapat dilakukan di mana saja. Dilansir dari Kompas.com, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa total perdagangan digital di Indonesia pada tahun 2020 mencapai 253 triliun Rupiah dan diprediksi mengalami peningkatan pada tahun 2021. Sebelum adanya ­e-commerce yang banyak bermunculan, Kaskus dan Reddit merupakan forum yang mewadahi hal tersebut.

Transfer bank menjadi pilihan utama bagi banyak masyarakat. Penjual cukup menyebutkan angka transaksi, kemudian pelanggan akan melakukan transfer dana melalui ATM terdekat. Penjual baru akan memproses barang setelah bukti transaksi diterima oleh penjual melalui foto.

Transaksi pembelian dan penjualan kemudian semakin mudah dengan adanya mobile banking atau sms banking dimana para penjual dan pembeli tidak perlu pergi ke ATM untuk melakukan transfer dana maupun pengecekan dana masuk.

Kemunculan metode pembayaran yang baru semakin mempermudah masyarakat untuk melakukan pembelian secara aman untuk meminimalisir penipuan. Pembeli kini tidak harus mengirim dana secara langsung ke nomor rekening pribadi penjual melainkan hanya menggunakan virtual account dengan angka unik untuk transaksi.

Namun seiring dengan bertumbuhnya transaksi ekonomi berbasis digital, banyak bank yang menginginkan kemudahan dan kepercayaan bagi penggunanya. Transfer antar bank merupakan pilihan yang paling rasional sebelum adanya metode pembayaran uang digital.

Banyak orang yang sudah familiar dengan transaksi berbasis digital dan sering menggunakannya pada berbagai kesempatan. Kemudahan ini pun semakin banyak ditemukan dalam aspek kehidupan seperti ketika membeli pakaian, alat elektronik, makanan hingga kebutuhan sehari-hari. Transaksi ekonomi berbasis digital ini pun telah lama muncul di Indonesia, bahkan jauh sebelum adanya e-commerce yang digemari saat ini. Namun, inovasi terus dilakukan untuk menciptakan kemudahan dan kenyamanan pembayaran. Salah satu fitur yang dimunculkan dari sektor perbankan adalah direct debit.

Direct debit atau debit langsung merupakan fitur pembayaran e-commerce yang menghubungkan akun belanja dengan kartu debit pelanggan sebagai sumber dana atau Source of Fund (SoF) sehingga proses pembayaran transaksi berlangsung cepat dalam satu kali proses registrasi.

Kemudahan dan keamanan dalam bertransaksi inilah yang mendorong banyak e-commerce untuk menggunakan fitur tersebut. Transaksi yang dilakukan cenderung mudah, pengguna hanya perlu mendaftarkan kartu debit pada situs e-commerce yang dipilih dan secara langsung pengguna dapat menggunakan fitur direct debit untuk melakukan pembayaran.

Fitur direct debit cocok untuk digunakan pada media daring, pelayanan SaaS maupun perusahaan telekomunikasi dimana cara kerjanya adalah menarik dana dari akun bank pembeli secara lebih cepat dalam satu klik.

Keuntungan penggunaan direct debit dapat mengurangi bahkan menghilangkan biaya transaksi dan juga untuk mendapatkan diskon-diskon yang disediakan oleh bank. Bagi pengguna, direct debit memudahkan pembayaran tagihan secara tepat waktu untuk menghindari biaya keterlambatan. Penggunaan direct debit ini juga akan menghemat waktu pelanggan karena proses transaksi hanya berlangsung dalam satu aplikasi tanpa harus berganti ke aplikasi m-banking atau aplikasi pembayaran lainnya.

NICEpay sebagai penyedia solusi payment Indonesia juga menyediakan kanal pembayaran direct debit untuk bisnis Anda. Dengan sistem yang stabil dan lisensi dari Bank Indonesia serta PCIDSS level 1, NICEpay siap memudahkan proses transaksi Anda. Tidak hanya itu, NICEpay sebagai perusahaan payment gateway juga menyediakan kanal-kanal pembayaran lainnya, seperti: virtual account melalui 9 bank besar di Indonesia, kartu kredit, pembayaran lewat convenience store, dompet digital (e-wallet), disbursement, payment link, hingga SMS broadcast.

Sistem pembayaran di NICEpay juga dilengkapi dengan FRISK, salah satu fitur NICEpay yang berfungsi untuk mendeteksi adanya transaksi terduga penipuan. Transaksi pun aman dilakukan bagi pihak merchant maupun pelanggan. Jika Anda tertarik untuk mengaplikasikan sistem payment gateway Indonesia, bergabunglah bersama NICEpay, caranya sangat mudah, cukup dengan menekan tombol yang tertera di bawah post ini. 

Untuk melihat penjelasan lebih lengkap terkait produk dan penawaran lainnya, Anda dapat mengunjungi website resmi kami di www.nicepay.co.id.

Sumber: bri.co.id, bankmandiri.co.id, moneysmart.gov.au, money.kompas.com