Mengenal Chatbot dan Keuntungannya bagi Pertumbuhan Bisnis Online

by Blog Nicepay
2174 views

Istilah AI atau artificial intelligence pasti sudah tak asing lagi bagi Anda. Seiring dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, inovasi berbasis kecerdasan buatan ini menjadi pendukung bagi manusia dalam menjalankan kesehariannya di berbagai aspek, termasuk di dunia bisnis.

Dilansir dari IBM, teknologi AI mengacu pada kemampuan program komputer yang secara khusus dirancang untuk dapat meniru tingkah laku dan pola pikir manusia, seperti misalnya dalam mengenali objek, memahami penggunaan bahasa, membuat keputusan, hingga memecahkan masalah.

Tidak harus selalu berupa robot, berkat arus teknologi AI yang begitu pesat, salah satu penerapan lainnya bisa ditemukan dalam bentuk fitur chat yang kerap digunakan untuk mempermudah jalannya interaksi, yaitu dengan melalui chatbot.

Mengenal apa itu chatbot

Apabila fitur live chat pada layanan customer service umumnya memanfaatkan peranan manusia untuk berinteraksi secara langsung, tidak demikian dengan chatterbot atau yang lebih dikenal chatbot. Karena pada dasarnya, chatbot mensimulasi percakapan dalam bentuk teks atau audio layaknya manusia melalui perangkat digital. Tak heran jika teknologi ini dikenal dengan sebutan asisten digital bagi manusia karena kemampuannya untuk memproses informasi dan merespon pertanyaan dari pengguna.

Proses kerja chatbot didorong oleh adanya beberapa cabang AI seperti natural language processing (NLP) serta machine reading comprehension (MRC) yang digabungkan dengan linguistik komputasi. Ketiga hal ini dapat membantu program komputer dalam menguasai dan menganalisis bahasa yang digunakan manusia, serta mengenali maksud dari teks atau suara. Dengan menyesuaikan kata kunci yang tertanam pada sistem, interaksi antara chatbot dan penggunanya dapat berjalan.

Kemudahan yang ditawarkan chatbot ini kemudian bisa dioptimalkan sebagai solusi cerdas untuk mendukung keperluan bisnis, terutama dalam menjembatani pihak penjual dengan pembeli.

Manfaat chatbot bagi bisnis

Mungkin Anda pernah memanfaatkan layanan customer service dengan fitur live chat di suatu situs e-commerce dan aplikasi untuk sekedar menanyakan detail produk atau menyampaikan keluhan, sehingga Anda menjadi tertarik untuk menerapkannya dalam bisnis yang sedang dijalani. Di samping itu, kehadiran chatbot juga tidak kalah unggulnya untuk dipertimbangkan keunggulannya sebagai alternatif.

1. Tersedia selama 24 jam

Sebagai garda terdepan dari sebuah bisnis, chatbot dapat diandalkan selama 24 jam tanpa batas waktu untuk melayani pelanggan yang membutuhkan bantuan. Walaupun ada kemungkinan jika respon yang diberikan chatbot tidak sepenuhnya sama seperti layanan manusia, tapi chatbot tetap mampu secara efektif memberikan tanggapan instan, menjawab pertanyaan dasar, bahkan menyelesaikan keluhan dengan cepat.

2. Mempengaruhi kualitas customer experience

Efisiensi chatbot membawa pengaruh bagi peningkatan kualitas customer experience. Bukan hanya dapat memberi tanggapan secara real time, pengaplikasian chatbot juga dapat dipersonalisasi. Dengan mengandalkan data berupa profil dan perilaku para pengguna, atau riwayat pencarian produk, penggunaan chatbot bisa menjadi lebih relevan.

3. Menghemat biaya layanan customer service

Dengan mengandalkan penggunaan chatbot sebagai metode komunikasi antara Anda dan para pelanggan, pengeluaran biaya customer service dapat diminimalisir. Pasalnya, Anda tidak perlu lagi mempekerjakan pegawai customer service.

Menurut Chatbots Magazine, biaya layanan customer service dalam suatu bisnis dapat berkurang hingga 30% jika menggunakan solusi percakapan berupa agen virtual dan chatbot.

4. Meningkatkan perkembangan bisnis

Tersedianya chatbot yang dapat membantu menangani kebutuhan pelanggan dengan baik dapat mempengaruhi performa dan reputasi bisnis, serta kepuasan pelanggan.

Berdasarkan hasil survey Intercom yang ditujukan pada 500 pelaku bisnis, penggunaan chatbot berhasil meningkatkan penjualan rata-rata sebesar 67% di tahun 2019. 

Wujudkan uniknya pelayanan dalam bisnis Anda melalui penggunaan chatbot, serta lengkapi kemudahan proses transaksi dengan payment gateway NICEpay Indonesia. Integrasikan berbagai metode payment Indonesia berupa online payment untuk menambahkan pengalaman bertransaksi.

Segera daftarkan bisnis Anda dengan NICEpay sebagai payment gateway Indonesia dan prioritaskan kenyamanan serta keamanan bertransaksi.

 

Sumber: chatbotsmagazine.com, forbes.com, ibm.com, intercom.com, investopedia.com, oracle.com,